bdadinfo.com

Riau dan Sumatera Barat  bisa Terancam Gagal Tersambung: Tolnya Jadi Kunci - News

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan yang akan menghubungkan Riau dan Sumatera Barat, jalan tol ini akan dikerjakan oleh Jepang serta biaya pembangunannya yang juga berasal dari dana pinjaman Jepang ke Indonesia (Dok: Hutama Karya)

- Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang saat ini disibukkan dengan urusan pembangunan.

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang penting menanti Sumatera Barat dalam beberapa waktu ke depan.

Saat ini, Sumatera Barat tengah fokus menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin yang menjadi salah satu seksi dari tol penghubung Provinsi Riau dan Sumbar.

Baca Juga: Sumatera Barat Diminta Lanjutkan Proyek Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan, Pemerintah Siap Beri Dukungan

Dalam pembangunan rangkaian jalan tol penghubung antara Riau dan Sumatera Barat tersebut juga melibatkan pihak asing, dalam hal ini adalah Jepang.

Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) turut andil dalam pengkoneksian dua wilayah penting di Pulau Sumatera tersebut.

Direncanakan, Provinsi Riau dan Sumatera Barat akan tersambung melalui Jalan Tol Padang Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Terancam Cuma Jadi Pemanis Kalo Proyek Satu ini Gagal: Apesnya Sumatera Barat

Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut dibangun dengan memiliki 6 (enam) seksi yang terbagi dalam 2 (dua) wilayah pembangunan yaitu di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Adapun Jepang melalui JICA akan ikut membangun pada salah satu proyek dari 6 (enam) seksi yang ada, tepatnya pada pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut selain menjadi salah satu seksi dari Jalan Tol Padang Pekanbaru juga menjadi tol kunci.

Baca Juga: Hore! Ternyata Cuma Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Seksi 1 yang Bermasalah, Tahap Lainnya Siap Dibangun Segera

Pasalnya, seksi Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan menjadi salah satu proyek pembangunan yang akan  memberikan tantangan tersendiri.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan dikabarkan akan dibuat menembus perut Bukit Barisan di Sumatera Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat