bdadinfo.com

Media Asing Soroti Putusan MK Soal Usia Capres – Cawapres : Jokowi Berusaha Pertahankan Pengaruhnya! - News

Jokowi dan Gibran.  (dok. Setneg)

- Keputusan Prabowo Subianto mengangkat anak sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, juga mendapat sorotan dari media asing.

Media asing yang berbasis di Kota London, Inggris, yakni Reuters, mengeluarkan artikel yang menyebut pengangkatan Gibran sebagai cawapres Prabowo sebagai upaya Jokowi mempertahankan pengaruhnya.

Hal tersebut berkaitan dengan program strategis dan utama Jokowi di masa kepemimpinannya, termasuk pembangunan infratruktur yang belum selesai.

Baca Juga: Dukung Keputusan Prabowo Pilih Gibran Jadi Cawapres, Eko Sapta Putra: Anak Muda Punya Prestasi

Media asing itu menyebut Jokowi diam-diam mengalihkan dukungan ke Prabowo, alih-alih ke Ganjar Pranowo yang satu partai dengannya, untuk meneruskan program tersebut.

Pengangkatan Gibran, kata media asing Reuetrs itu, disebut untuk mengalihkan basis pendukung Jokowi untuk mendukung pasangan Parabowo – Gibran.

Dengan begitu, kata rilis Reuters tersebut, program Jokowi yang belum selesai bisa dilanjutkan serta memperkuat pengaruhnya di Indonesia.

Baca Juga: Sukses Jalani Tes Kesehatan, Muhaimin Iskandar Ungkap 3 Tips Hadapi Cuaca Ekstrim Saat Ini

"Pekan ini, Jokowi mengatakan bahwa ia tidak terlibat dalam kandidat presiden, namun orang dalam politik mengatakan bahwa pemimpin yang akan keluar tersebut berusaha untuk mempertahankan pengaruhnya dan diam-diam mengumpulkan dukungan untuk mantan saingannya, Prabowo, setelah sebelumnya tampaknya mendukung Ganjar sebagai kandidat dari PDI-nya," tulis Reuters, dilansir Senin, 23 Oktober 2023.  

“Orang dalam politik mengatakan pencalonan Gibran adalah cara bagi Jokowi, sebutan umum untuk presiden yang akan keluar dari jabatannya, untuk mempertahankan pengaruhnya dan mengatakan bahwa ia diam-diam mengumpulkan dukungan untuk Prabowo, yang ia kalahkan dua kali untuk memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 2014 dan 2019," tambah media itu lanjut media asing tersebut.

Baca Juga: Disebut Jembatan Maut! Berada di Sumatera Utara dan Jadi Akses Penting: Dibangun Tanpa Dinding

Dalam rilis berjudul "Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi's son as running mate" tersebut, Reuters juga menggarisbawahi putusan MK terkait batas usia capres – cawapres.

Dijelaskan Reuters, Prabowo memilih Gibran di tengah "kemarahan" masyarakat yang belum reda karena keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Diketahui, MK baru saja menolak gugatan batas maksimal usia capres 70 tahun dalam sidang yang digelar hari ini, Senin, 23 Oktober 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat