bdadinfo.com

Mengenal Sepatu Termahal di Dunia: The Ruby, Sepatu Slippers yang Dibuat Metro Goldwyn Mayer - News

Metro Goldwyn Mayer (MGM) Pernah Membuat Sepatu Termahal di Dunia: The Ruby Slippers/Ocultpopagenda


- Ruby Slippers ialah sepasang sepatu diproduksi oleh Metro Goldwyn Mayer (MGM) dan dipopulerkan oleh Dorothy Gale dimana karakter ini terdapat didalam film The Wizard of Oz yang rilis pada tahun 1939.

Film yang berdasarkan novel tahun 1900 The Wonderful Wizard of Oz karya L. Frank Baum (1856-1919) yang merupakan kisah fantasi berlatar negeri ajaib ini dikenal karena penggunaan Technicolor yang ekstensif dan telah bertahan hingga menjadi klasik Amerika.

Cara inovatif industri film Hollywood pada tahun 1930-an adalah penciptaan alat peraga film ikonik, sepatu rubi (ruby slippers) yang ada didalam film The Wizard of Oz tahun 1939.

Baca Juga: Provinsi Sumatera Tengah Berdaulat Beribukota di Bukittinggi, Inilah Gubernurnya...

Sepatu Termahal ini dirancang dan diproduksi sebagai kostum film rutin oleh MGM Studios pada tahun 1938 yang dimaksudkan untuk bertahan selama enam bulan dari jadwal syuting film tersebut.

The Ruby Slippers tersebut telah melampaui asal-usulnya di Hollywood dan mencapai statusnya sebagai "bintang".

The Ruby Slippers pada awalnya memiliki warna perak seperti yang ada didalam buku namun berubah menjadi warna merah cerah. Kostum yang diciptakan oleh Gilbert Adrian yang merupakan kepala desainer kostum MGM Studios pada saat itu.

Baca Juga: 9 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Masih dalam Tahap Konstruksi, 6 Ruas Rampung Akhir Tahun 2023, Mana Saja?

Dimana dalam film tersebut, Dorothy dihadiahi sepatu dari Glinda yang merupakan Penyihir Baik dari Utara, untuk menjaganya tetap aman dari Penyihir Jahat dari Barat dan untuk membantunya pulang ke Kansas.

Beberapa pasang Sepatu Ruby dibuat untuk film tersebut yang berfungsi sebagai kostum dan alat peraga penting.

Sepatu tersebut terbuat dari bahan sepatu pump yang berwarna putih dan dilapisi kain merah, sol dicat merah, memakai payet berwarna merah tua serasi, serta pita terbuat dari bahan katun kaku serta dihiasi tiga jenis manik-manik dan berlian imitasi.

Baca Juga: Jarang Diliput Publik, Ternyata Anak Capres Prabowo Desainer Jebolan Sekolah Fashion New York dan Paris

Sepatu ini memiliki kain flanel oranye yang menempel di bagian bawah untuk meredam langkah Garland saat ia menari di jalan bata kuning.

Para staf MGM tidak menyadari bahwa mereka menciptakan sebuah objek yang akan bertahan lebih lama dari rilis awal film tersebut yang mana menjadi pujaan orang sebagai ikon budaya Amerika pada abad ke-20.

The Ruby Slippers yang masuk dalam koleksi Museum Nasional Sejarah Amerika ini dibeli pada tahun 1970 di pelelangan alat peraga dan kostum MGM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat