bdadinfo.com

Mewah! Proyek Pembangunan Rumah Dinas Menteri Belasan Miliar Rupiah sedang Dibangun di IKN, Akan Seperti Apa? - News

Proyek pembangunan rumah dinas menteri di IKN (YouTube Dian Rana)

 

Berbagai infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dikebut pembangunannya.

Mulai dari pembangunan infrastruktur, prasarana, sampai dengan hunian, tidak terkecuali rumah huni bagi para Menteri.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan, mempercepat pembangunan rumah dinas menteri tersebut, mengingat tahun depan upacara kemerdekaan RI akan dilaksanakan di IKN.

Baca Juga: Selalu Sempatkan Kunjungi Rumah Bung Hatta Setiap ke Bukittinggi, Anies: Inspirasi Saya Ketika Kecil

Pembangunan itu berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dimana pembangunan runah dinas ini ditargetkan akan rampung pada pertengahan tahun 2024.

“Saat ini sudah ada 32 unit rumah yang terbangun dan sisa 4 unit lagi yang dilakukan pembangunan. Kami mempercepat proses pembangunan rumah jabatan Menteri di IKN, dan ditargetkan pada pertengahan tahun 2024mendatang seluruh uit rumah akan terbangun dan siap huni,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR Iwan Suprijanto.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan juga tengah menyiapkan pembangunan Rumah Susun (Rusun)/Apartemen untuk ASN/TNI/Polri di IKN.

Baca Juga: Bank Indonesia Dibangun di IKN, Jokowi: Bukti Kesungguhan Siap Jadi Ibu Kota Berkelas Dunia

"Kontraknya sudah dimulai pada Agustus 2023 kemarin. Dan saat ini sedang penyiapan lahan,” kata Menteri Basuki.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Hujurat menerangkan, bahwa pembangunan rumah dinas para Menteri ini tidak terletak di satu kawasan saja, melainkan di dua kawasan.

Dikutip dari akun Youtube @DianRana, berdasarkan observasi langsung di wilayah KIPP IKN, tercatat setidaknya ada dua model desain rumah yang telah dibangun, yaitu, terdapat sebanyak 11 unit rumah tipe downslope dan 25 unit rumah tipe upslope.

Baca Juga: Anda Pengin Buka Minimarket Indomaret di Depan Rumah? Simak Sejarah dan Persyaratannya

Di tempat tersebut, tenaga kerja juga melakukan penanaman vegetasi dan merapihkan jalur pejalan kaki di sekitar area konstruksi, dengan tujuan menjaga suasana lingkungan agar tetap asri dan teduh, menciptakan kenyamanan bagi para penduduk yang tinggal di sana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat