bdadinfo.com

Pembangunan Bandara Terbaru IKN di Kalimantan Timur Segera Hadir: Demi Konektivitas dan Daya Saing - News

Pembangunan bandara baru di IKN segera dimulai (setkab.go.id)

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu 1 November 2023.

Jokowi menilai bandara tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk kawasan IKN di Kalimantan Timur.

“Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat makin padatnya kegiatan di IKN, makin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Jembatan Air PLTA Kuranji Terpanjang dan Tertua di Sumatera Barat Berusia 100 Tahun, Ada Sejak Zaman Belanda!

Selain itu, kehadiran Bandara IKN juga yang akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik dan makin mudah dijangkau dari manapun nantinya.

Kepala Negara juga meyakini bahwa kehadiran Bandara IKN akan meningkatkan daya saing IKN tersebut.

“Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Suka Ngelobi Sambil Bawa ‘Pasukan’, Gubernur Mahyeldi Sukses Bawa Proyek Baru untuk Sumatera Barat: Apa?

Presiden menerangkan apabila Bandara IKN tersebut adalah bandara khusus yang dimanfaatkan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

Adapun Bandara IKN ini nantinya akan memiliki luas 347 hektare dengan landas pacu atau runway 3.000 x 45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar.

Jokowi juga mengatakan bahwa terminal seluas 7.350 meter persegi dapat melayani penumpang dengan nyaman dan baik.

Baca Juga: Keren! Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan PSN IKN Jalan Tol Di Kalimantan Timur, Ditargetkan Rampung Juni 2024

Jokowi menargetkan bandara yang dibangun dengan anggaran Rp4,3 triliun tersebut dapat digunakan pada pertengahan tahun 2024 dan bisa beroperasi penuh pada akhir tahun 2024.

Pembangunan bandara nantinya ditargetkan akan beroperasi penuh di Desember 2024, tetapi sudah dapat digunakan nantinya pada bulan Juni 2024 tersebut

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat