bdadinfo.com

Bukan Main! Inilah Deretan 5 Mega Proyek Jokowi yang Gemparkan Dunia, Ada yang di Daerahmu? - News

Mega proyek Jokowi yang gemparkan dunia



- Presiden Joko Widodo, atau yang lebih dikenal sebagai Jokowi, telah menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah pembangunan Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia telah meluncurkan sejumlah mega proyek infrastruktur yang tidak hanya mengubah wajah negara ini tetapi juga membuat dunia kagum.

Berikut adalah deretan 5 mega proyek yang telah mencuri perhatian dunia dan memberikan dampak positif yang signifikan di berbagai daerah di Indonesia:

Baca Juga: Metode Eliminasi untuk Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 36-38

1. Jalan Tol Trans Sumatera

Salah satu mega proyek Jokowi yang menggemparkan dunia adalah Jalan Tol Trans-Sumatera.

Proyek ini merupakan jaringan jalan tol yang menghubungkan berbagai kota dan daerah di Pulau Sumatera, Indonesia.

Baca Juga: Habiskan Rp1.848 Triliun! Inilah Mega Proyek Terbesar dalam Sejarah Indonesia bahkan di Dunia di Masa Jokowi

Jalan tol ini menjadi sangat penting karena Sumatera adalah pulau yang besar dan memiliki kebutuhan transportasi yang tinggi.

Proyek ini telah menarik perhatian dunia karena ukuran dan dampaknya dalam meningkatkan konektivitas regional dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi di seluruh Pulau Sumatera.

Jalan Tol Trans-Sumatera adalah salah satu proyek infrastruktur terbesar di Indonesia yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk di pulau ini.

Baca Juga: Protes Tragedi Kemanusiaan akibat Serangan Israel ke Gaza, Turki Tarik Duta Besarnya dari Tel Aviv

2. Jalan Tol Trans Papua

Jalan Tol Trans Papua menjadi salah satu pembangunan jalan tol yang cukup monumental di periode reformasi.

Jalan Tol Trans Papua adalah jalan nasional yang menghubungkan setiap provinsi di Papua.

Jalan ini membentang dari Kota Sorong Provinsi Papua Barat hingga Merauke di Provinsi Papua Selatan.

Baca Juga: Anda Lulusan SMA? Lowongan Kerja di PT Angkasa Pura Support Ini Jangan Sampai Terlewat, Simak Infonya di Sini

Total panjang dari Jalan Tol Trans Papua adalah sepanjang 4.330,07 km.

Jalan Tol Trans Papua memiliki makna penting, yaitu sebagai infrastruktur penghubung antara kedua daerah, termasuk daerah yang terisolasi.

Jika dibandingkan, Jalan Tol Trans Papua memiliki panjang 4 kali lipat dari jarak antara Surabaya ke Jakarta, yang tercatat sepanjang 800 km lebih.

Baca Juga: Segera Dibangun! Pembangunan Komplek Perkantoran Bank Indonesia IKN di Kalimantan Timur, Ini Fasilitasnya

3. Proyek Smelter Single-Line Terbesar di Dunia

Proyek Smelter Single-Line di PT Freeport Indonesia adalah salah satu proyek besar yang mendapat perhatian dunia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PT Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan tambang yang beroperasi di Papua, terutama dikenal karena tambang emas dan tembaga Grasberg, salah satu tambang terbesar di dunia.

Sedangkan Proyek Smelter Single-Line ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus di Gresik di atas lahan seluas 100 hektar.

Baca Juga: Rugi! Inilah Deretan Mega Proyek Besar Indonesia yang Dianggap Gagal, kok Bisa Mangkrak?

Proyek smelter ini adalah upaya untuk meningkatkan nilai tambang dengan mengubah bijih tembaga menjadi produk jadi, yaitu konsentrat tembaga.

Diketahui, Smelter ini bisa mengolah 1,7 ton konsentrat tembaga menjadi 600 ribu ton kadota tembaga per tahun.

Diproyeksikan, smelter ini akan memproduksi massa rata-rata 35 ton per tahun, dengan nilai transaksi yang dihasilkan sebesar 30 triliun per tahun.

Baca Juga: Salut! Nusantara Intercultural School Dibangun di IKN sebagai Komitmen Pemerintah pada Pendidikan

4. Kereta Api Sulawesi

Proyek Kereta Api Sulawesi adalah salah satu mega proyek infrastruktur yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi yang menggemparkan dunia.

Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan kereta api di Pulau Sulawesi, yang akan menghubungkan berbagai kota dan daerah di pulau tersebut melalui jalur kereta api.

Proyek ini memiliki dampak besar dalam meningkatkan konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi.

Baca Juga: Jadi Sponsor Tim Papan Atas Moto3! Inilah Keistimewaan Jam Tangan Anonimo yang Berharga Fantastis

Dengan jaringan kereta api yang luas, transportasi barang dan penumpang akan menjadi lebih efisien dan mempercepat mobilitas penduduk di pulau ini.

Selain itu, proyek ini akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya dan memberikan alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Jalur kereta api di Sulawesi ini mempunyai lebar sekitar 1.335 mm, sehingga kecepatan maksimal kereta api mencapai 200 km/jam.

Berbeda halnya jika dibandingkan dengan di Jawa, yaitu menggunakan rel selebar 1.067 mm, sehingga kecepatan tertingginya hanya 120 km/jam.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat