bdadinfo.com

Mengenal Varietas Durian Aceh, Khususnya di Aceh Besar dan Aceh Jaya. Prihasto: Bisa Saingi Durian Luar Negeri - News

Mengenal Varietas Durian Aceh, Khususnya di Aceh Besar dan Aceh Jaya. Prihasto: Bisa Saingi Durian Luar Negeri/Web Resmi Direktoral Jenderal Hortikultura

Durian menjadi raja buah (king of fruits) yang sangat dinikmati, bukan hanya di dalam negeri, melainkan sampai ke luar negeri. Salah satu yang paling fenomenal di dalam negeri adalah durian Aceh.

Durian purba dan hasil pembibitan terbentang di hutan Aceh. Potensi durian Aceh ini tersebar secara merata di 20 provinsi, termasuk Aceh Jaya dan Aceh Besar.

Durian Aceh Besar dan Aceh Jaya menjadi harta karun bagi penikmatnya dan namanya sudah dikenal.

Baca Juga: Uji Kompetensi Mobilitas Sosial Vertikal dan Horizontal serta Keberagaman Budaya, Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 127-132

Durian yang paling legend di Aceh Besar bernama Mie Eh dengan pemiliknya Marjuni. Disebut legenda karena sudah berusia kisaran 200 tahun lebih dan sudah terkenal sejak tahun 80-an.

Durian Mie Eh terkenal karena rasanya enak dan teksturnya yang halus, berwarna kuning, serta dapat bertahan seminggu. Ketika didistribusikan ke luar pulau pun tidak berair dan masih utuh, hanya saja kulitnya yang berubah warna, namun isinya masih bagus.

Dengan ini, para petani Aceh Besar ingin jika wilayahnya menjadi sentra kawasan durian yang akan menjadi magnet untuk para wisatawan.

Sementara, di Aceh Jaya bisa ditemukan berbagai jenis durian unggulan seperti King Lobster, Mas Ajay, Danton, Rencong Emas, Blue Sky, Jalu, Tembaga, dan Bantal Emas.

Baca Juga: Fitur Baru Waze yang Kena Boikot Imbas Agresi Israel ke Palestina: Bisa Lihat Riwayat Kecelakaan Jalan

Menanam bibit pertama kali merupakan hal yang paling penting bagi para petani. Penanaman bibit tentunya tidak dilakukan secara asal, tetapi ada seleksi yang harus dipilih dengan benar. Jika dapat yang bagus, setelahnya disemai, lalu ditanam.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan rasa bangganya atas durian-durian yang berada di Aceh ini dengan beragam varietasnya. Sebagaimana dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube Eksplorasi Durian Nusantara pada 23 September 2023 lalu, ia menjelaskan:

“Kagum dengan daerah ini, begitu tadi saya merasakan ada 8 jenis durian yang tadinya saya hanya mendengar di berita saja, tapi sekarang saya hadir di sini 1300 kilometer dari Jakarta ke sini.

Memasuki satu medan yang cukup berat, terjawab semuanya. Duriannya luar biasa dengan cita rasa yang, ya ampun saya bilang, ada ya. Saya selama hidup belum pernah saya merasakan durian-durian yang memiliki satu cita rasa yang berbeda-beda dan warnanya juga semua memiliki warna yang bagus,” kata Prihasto.

Baca Juga: Diskusi Menteri LHK dan Para Guru Besar Fahutan UGM: Green Manufacturing dan Hutan Indonesia, Agroforestry Nusantara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat