bdadinfo.com

Catat! Ini Daftar Jalan Tol Jawa dan Sumatera yang Akan Digratiskan saat Libur Nataru 2024 Nanti - News

Illustrasi Jalan tol untuk Nataru (Kementerian PUPR (pu.go.id))

Pekan lalu, tepatnya pada Senin, 20 November 2023 Komisi V DPR RI mengadakan Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) RI.

Dalam Raker tersebut, agenda yang dibahas yakni evaluasi mengenai pelaksanaan APBN Tahun Ajaran 2023 sampai 31 Oktober 2023, pembahasan program atau kegiatan Tahun Ajaran 2024, dan lain-lain.

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), fungsional jalan tol pun turut dibahas oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam Raker tersebut.

Baca Juga: Fresh Graduate Silahkan Daftar! Susi Air Buka Lowongan Pekerjaan, Simak Kualifikasi dan Link Pendaftarannya

Dilansir oleh dari live streaming Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR melalui Channel YouTube Komisi V DPR RI (30/11/23), Basuki merencanakan setidaknya akan ada 5 ruas jalan tol yang difungsionalkan atau gratis selama Nataru 2024 nanti.

Keputusan tersebut tak lain sebagai upaya untuk melancarkan mobilitas jalan pada saat periode liburan.

Basuki pun menjelaskan lebih rinci mengenai rencana jalan tol yang akan digratiskan. Kelima ruas jalan tol yang dimaksud antara lain:

Baca Juga: Riau Tambah Jalan Tol Terus, Proyek Terbaru Tol Jambi-Rengat Sepanjang 198 Km Sudah di Depan Mata: Sumatera Barat Tak berdaya!

1. Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang

"Untuk (ruas tol) yang difungsikan saat Nataru 2024 yaitu Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang," ucap Basuki. Tol ini bukan satu-satunya tol di Jawa yang akan digratiskan.

2. Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom

Baca Juga: Pemda Jambi Gerak Cepat Demi Proyek Jalan Tol Jambi-Rengat, Pembebasan Lahan Langsung Diproses: Siap Gaspol! 

Sepanjang 13 kilometer, tol di Jawa Tengah ini juga akan digratiskan pada saat Nataru nanti.

"Lebaran lalu, tol ini baru sampai Pakis (fungsional). Nataru ini insyaAllah sudah bisa sampai Karanganom sepanjang 13 kilometer," jelas Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat