bdadinfo.com

Sukses dengan PLTS Cirata, PLN Targetkan Danau Singkarak Sumbar sebagai Lokasi Pembangunan PLTS Terapung Selanjutnya - News

Danau Singkarak jadi target pembangunan PLTS terapung selanjutnya (indonesia.go.id)

- Menyusul kesuksesan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Purwakarta, PT PLN (Persero) akan membangun PLTS terapung di Danau Singkarak, Sumbar.

PLN akan kembali menggandeng perusahaan energi asal Arab Saudi, ACWA Power, untuk merealisasikan pembangunan PLTS terapung di Sumbar ini.

Rencananya, PLTS ini akan berdiri di atas 0,26 perse dari luas total Danau Singkarak.

Baca Juga: Siap Jadi Epicentrum di Sumatera! Riau Terus Gaspol Pembangunan Ruas Jalan Tol Lingkar Pekanbaru 

PLTS terapung pertama di Sumbar ini akan memiliki kapasitas 77 megawatt peak (MWp).

Dengan kapasitas tersebut, saat PLTS ini beroperasi nantinya listrik akan disalurkan melalui interkoneksi 150 kiloVolt (kV) ke GI Padang Panjang.

Sejauh ini, telah dilakukan studi kelayakan dan pengurusan perizinan.

Baca Juga: Kalender Hari Libur Tahun 2024 Resmi! Ada 27 Daftar Tanggal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama, Simak Deretannya

Setelah melewati tahap tersebut, pembangunan PLTS terapung ini pun ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembangunan PLTS Terapung di Singkarak merupakan komitmen lanjutan PLN dalam hal penggunaan EBT dengan memanfaatkan potensi dalam negeri.

Pembangunan PLTS Terapung di Sumbar ini akan menjadi kali kedua PLN bekerja sama dengan ACWA Power.

Baca Juga: Jumadil Akhir 1445 H Jatuh pada Tanggal Ini di Kalender 2023, Simak Keutamaan dan Amalan pada Bulan Jumadil Akhir

PLN memilih bekerja sama kembali dengan ACWA Power berkat kesuksesannya dalam membangun PLTS Terapung Cirata yang sudah resmi beroperasi pada 10 November lalu.

Penandatanganan Letter of Intent (LoI) di sela Konferensi Perubahan Iklim PBB di Dubai pada 3 Desember 2023, menandai kerja sama antara PLN dan ACWA Power.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat