bdadinfo.com

Beroperasi Gratis, Pengendara Geber 2 Tol JTTS Ini Mencapai 265 Ribu Mobil, Padahal Baru Dibuka 3 Pekan Nihil Kecelakaan - News

Antusiasme masyarakat gunakan dua ruas JTTS yang masih gratis sangat tinggi. (Instagram @hktolindonesia)

HARIANHHALUAN.COMJalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dinanti masyarakat untuk mempercepat waktu tempuh menuju ke suatu wilayah.

Khusus di Pulau Sumatera, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sebagian masih dalam proses pembangunan dinantikan penyelesaiannya hingga terhubung dari Aceh hingga Lampung.

JTTS merupakan salah satu mega proyek yang termasuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) yang dikebut penyelesaiannya di era Presiden Joko Widodo.

Jalan tol sepanjang 2.749 kilometer ini memiliki 27 ruas jalan tol dengan rincian koridor utama sepanjang 1.889 kilometer dan koridor pendukung sejauh 860 kilometer.

Baca Juga: Ground Breaking Proyek Swasta di IKN Telah Dilakukan dalam Dua Tahap, Berikut 11 Proyek Swasta yang Telah Dimulai Calon Ibu Kota Indonesia

PT Hutama Karya (Persero) yang mendapat tugas dari pemerintah untuk membangun JTTS telah menyelesaikan kurang lebih 1.021,5 km ruas tol hingga Oktober 2023.

Kontraktor pelat merah ini membangun JTTS mulai dari Lampung - Aceh (backbone), ruas sirip (feeder) dari Timur - Barat.

Ditambah lagi pembangunan feeder yang terdiri dari Palembang - Bengkulu, Pekanbaru - Padang, dan dari Medan - Pematang Siantar. Total ruas jalan tol yang beroperasi mencapai 681 kilometer.

Salah satu ruas jalan tol yang telah selesai pembangunannya dan sudah mulai beroperasi adalah Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura.

Ada pula Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh yang juga sudah bisa digunakan masyarakat. Kedua jalan tol tersebut bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat sejak 10 November 2023 lalu.

Dalam kurun waktu tersebut, pengelola jalan tol menyebut masyarakat tampak antusias melaluinya. Hal ini bisa dilihat lebih dari 265 ribu kendaraan telah melewatinya dalam tiga pekan terakhir.

Baca Juga: Jelang Nataru 2024, Kementerian PUPR Pastikan Semua Infrastruktur di Sumatera Utara Siap Digunakan dengan Layak

Dilihat dari jenis kendaraan yang melaluinya, Hutama Karya mencatat sebagian besar traffic didominasi oleh kendaraan logistik.

Kendaraan tersebut melintas menuju daerah sentra produksi dari arah Kuala Tanjung dan juga arah sebaliknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat