bdadinfo.com

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Tanggal 11 Maret dan Idul Fitri pada 10 April - News

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Pada 11 Maret 2024 (thequint.com)

- Muhammadiyah telah mengumumkan jadwal penting untuk umat Islam tahun ini, termasuk awal Ramadhan, Idul Fitri, Puasa Arafah, dan Idul Adha. 

Keputusan ini diumumkan oleh Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, dalam sebuah Konferensi Pers di Kantor PP Muhammadiyah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada hari Sabtu, 20 Januari 2024.

Menurut Muhammad Sayuti, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada tanggal 11 Maret 2024, sementara untuk Idul Fitri 1 Syawal diperkirakan jatuh pada tanggal 10 April 2024. 

Baca Juga: Spesifikasi Smartphone Vivo Y27 5G : Smartphone Dua Jutaan Resmi Indonesia 5G dengan Gaya Sultan

Sayuti juga menyampaikan mulainya Puasa Arafah pada 9 Zulhijah dijadwalkan pada tanggal 16 Juni 2024, dan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H akan dirayakan pada tanggal 17 Juni 2024.

Adapun keputusan Muhammadiyah dalam menetapkan tanggal tersebut yakni dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki. 

Sayuti menyampaikan harapannya bahwa Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1445 Hijriyah akan diikuti oleh seluruh warga Muhammadiyah.

Baca Juga: Gara-Gara Bandara Megah Senilai Rp13 Triliun yang Dibangun sama Bos Rokok Indonesia ini Bikin 7 Wilayah Sekitarnya Jadi Terbantu: Sultan Sesungguhnya!

“Semoga maklumat ini diikuti oleh warga Muhammadiyah,” ujar Sayuti.

Maklumat ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada 12 Januari 2024.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir juga turut hadir dalam acara tersebut bersama Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas.

Pengumuman ini memberikan kepastian kepada umat Islam, terutama warga Muhammadiyah, mengenai tanggal-tanggal penting dalam kalender Islam. 

Baca Juga: Mengudara Tinggi dengan Transformasi Insfratruktur, Sumatera Barat Bersiap Bangun Jalan Layang Super Canggih Senilai Rp4,8 Triliun!

Penggunaan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki diharapkan dapat memberikan panduan yang akurat bagi umat Islam dalam merayakan momen-momen keagamaan dan kebersamaan, khususnya warga Muhammadiyah.

Di lain hal, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf atau yang akrab dengan sapaan Gus Yahya, mengatakan bahwa NU tidak ingin tergesa-gesa untuk menentukan tanggal awal Ramadhan 1445 H. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat