bdadinfo.com

Riau Semakin Terdepan! Konstruksi Pembangunan Jembatan di Kepulauan Riau Segera Dibangun, Kapan Beroperasi? - News

 Riau Semakin Terdepan! Konstruksi Pembangunan Jembatan di Kepulauan Riau Segera Dibangun demi Mengatasi Kemiskinan di Indonesia, Kapan Beroperasi?/ Freepik

- Kepulauan Riau di tahun 2024 inilah sedang berkomitmen dalam menyelesaikan berbagai pembangunan yang belum terselesaikan, salah satunya Jembatan Bengkalis - Meranti.

Rencananya Jembatan Bengkalis - Meranti ini yang akan menghubungkan Pulau Bengkalis - Meranti demi mengatasi kemiskinan yang sudah parah serta membutuhkan perhatian untuk masyarakat Bengkalis di Indonesia.

Namun tidak dipungkiri bahwa pembangunan Jembatan Bengkalis - Meranti ini telah sangat diinginkan oleh masyarakat Bengkalis sejak lama karena diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Baca Juga: Dipecat dari AS Roma, Jose Mourinho Siap Gabung ke Klub Arab Saudi?

Adapun rencananya pembangunan jembatan yang diperkirakan kurang lebih sepanjang 3.4km ini adalah bagian dari kebijakan Pemerintah Provinsi Riau dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2019-2024 terkait konektivitas pulau terluar.

"Hadirnya jembatan gantung mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat desa menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” ujar Basuki sebagaimana dikutip dari mediacenter.riau.go.id.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) juga telah mengadakan Forum Konsultasi Publik terkait rencana pembangunan jalan dan jembatan yang akan menghubungkan Bengkalis - Ketam Putih ke ruas jalan Tanjung Padang - Teluk Belitung.

Baca Juga: Ambisius! Jalan Tol Trans Sumatera Penghubung Lampung-Bengkulu Lewat Kab. Pesisir Barat Dibangun Mulai Tahun 2025?

Diketahui bahwa Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, M. Job Kurniawan mengatakan bahwa jembatan ini dapat membantu masyarakat disana, dalam hal ini telah diidam-idamkan sejak lama oleh masyarakat Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Semakin diperkuat dengan pernyataan dari Bupati Bengkalis, Kasmarni menyatakan bahwa pembangunan jembatan Pulau Bengkalis - Pulau Sumatera sebagai bagian dari komitmen bersama dalam meningkatkan akses mobilitas masyarakat.


Dalam meningkatkan akses mobilitas masyarakat yang akan berdampak besar dengan peningkatan daya saing daerah, baik dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, transportasi dan lainnya.

Kemudian, rencana pembangunan ini akan ketahap berikutnya ialah penandatanganan atas kesepakatan bersama dilakukan oleh Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan Bupati Bengkalis, Kasmarni di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi pada Rabu 13 Desember 2023.

Baca Juga: Anies Baswedan Datang ke Batam: Bahas Tata Niaga Bebas Mafia dan Bansosplus untuk Kesejahteraan Rakyat

Selain itu apapun nanti skema pembiayaan yang digunakan pihaknya masih ingin melihat potensi dari APBD Provinsi Riau karena pendapatan daerah yang sangat baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat