bdadinfo.com

Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura Segera Operasi Gratis, Terkoneksi Langsung dengan Seksi Binjai-Stabat dan Seksi Stabat-Kuala Bingai  - News

Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura Segera Operasi Gratis, Terkoneksi Langsung dengan Seksi Binjai-Stabat dan Seksi Stabat-Kuala Bingai  (hutamakarya.com)

– Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura akan segera beroperasi tanpa tarif.

Pengoperasian ini dilakukan usai mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 27 Desember 2023 lalu bersamaan dengan rilisnya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura.

Jalan tol yang memiliki panjang lintasan mencapai 19 km akan beroperasi gratis mulai tanggal 29 Januari 2024 pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Eksekusi Jalan Tol Jambi – Rengat Berlanjut tapi Alot, Ditargetkan Sebelum Jokowi Pensiun: Kapan?

Dengan beroperasinya tol ini maka akan tersambung ke tol seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km yang sudah beroperasi sejak Februari 2022 lalu dan seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak September 2023 lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan bahwa seksi tol tersebut telah dilakukan uji coba pada Libur Nataru lalu.

Dengan dioperasikannya secara fungsional selama lebih dari dua pekan terhitung dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024.

Baca Juga: Sumbar Gaspol Eksekusi Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik, Erick Thohir Berharap Tuntas Tahun Segini

Dibukanya tol tersebut juga langsung mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, tercatat sebanyak lebih dari 100 ribu kendaraan melintasi tol fungsional tersebut dan nihil kecelakaan.

Adanya antusiasme masyarakat yang tinggi membuat Hutama Karya siap untuk mengoperasikan jalan tol ini dari sisi fasilitas maupun kesiapan petugas di lapangan.

Telah disiapkan setidaknya 62 personil siaga untuk jalan tol seksi tersebut yang jika digabungkan dengan personol dari Binjai hingga Kuala Bingai maka totalnya mencapai 162 petugas siaga.

Baca Juga: Mantap! Menteri PUPR Ungkap Jalan Tol Padang-Sicincin Masuk Daftar Tol yang Akan Beroperasi Tahun 2024, Bulan Kapan Ya?

Personil siaga tersebut terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulan, hingga patrol.

Dalam masa beroperasinya jalan tol tanpa tarif, maka Hutama Karya juga akan terus melakukan sosialisasi masif mengenai aturan berkendara di jalan tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat