bdadinfo.com

Asyik! Jalan Tol di Sumut Makin Nyambung di 2024, Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura Bisa Dilewati dan Terkoneksi dengan 2 Seksi Ini - News

Asyik! Jalan Tol di Sumut Makin Nyambung di 2024, Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura Bisa Dilewati dan Terkoneksi dengan 2 Seksi Ini (bpjt.pu.go.id)

Sumatera Utara (Sumut) makin terdepan, baru-baru ini pihak Hutama Karya mengatakan bahwa jalan tol Binjai-Langsa Seksi Kuala-Bingai-Tanjung Pura akan beroperasi secara gratis dalam waktu dekat.

Jika sudah dibuka, nantinya jalan tol ini bisa dilewati dan akan terkoneksi dengan dua seksi lainnya.

Dengan demikian maka pembangunan jalan tol di Sumut akan saling terhubung satu sama lain di tahun 2024 ini.

Baca Juga: Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura Segera Operasi Gratis, Terkoneksi Langsung dengan Seksi Binjai-Stabat dan Seksi Stabat-Kuala Bingai 

Jalan Tol Binjai—Langsa merupakan jalan tol yang menghubungkan Kota Langsa dan Kota Binjai di Sumut.

Jalan tol ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan bakal terus nyambung hingga ke Aceh dengan total panjang mencapai 130,6 km.

Kemudian pada tahun 2024 ini, Hutama Karya mengumumkan bahwa Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 km akan beroperasi tanpa tarif mulai tanggal 29 Januari 2024 pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Eksekusi Jalan Tol Jambi – Rengat Berlanjut tapi Alot, Ditargetkan Sebelum Jokowi Pensiun: Kapan?

Dengan demikian maka kehadiran konektivitas baru ini sekaligus bakal terus membuat jalan tol di Sumut menjadi semakin terkoneksi.

Pasalnya, jalan tol baru tersebut akan menyambung dengan seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022.

Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura ini juga akan terus terkoneksi pengoperasiannya dengan seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km yang sudah lebih dulu beroperasi sejak September 2023.

Baca Juga: Tol Jambi – Rengat Didominasi Menerobos Kawasan Hutan dan Bukan Tanah Warga, Daerah Mana Saja yang Terdampak? 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan pengoperasian jalan tol ini mantap dilakukan setelah melihat antusiasme masyarakat yang tinggi.

Hal ini dengan terbuktinya sebanyak 100 ribu lebih kendaraan telah melintasi ruas tol ini saat difungsionalkan secara khusus pada momen Libur Nataru lalu yang dibuka sejak tanggal 23 Desember 2023-10 Januari 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat