bdadinfo.com

Jadi Bandara Terbaik Dunia dengan Segudang Prestasi, Bandara SAMS Sepinggan Siap Jadi Pintu Masuk IKN - News

Ternyata Bandara Internasional SAMS Sepinggan Punya Segudang Prestasi, Ini Sejarah dan Prestasi Bandara yang Jadi Pintu Pintu Masuk IKN/kaltimpost

- Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan (Bandara Sepinggan), Kalimantan Timur merupakan salah satu dari tiga pintu masuk jalur udara ke Ibu Kota Negara (IKN).

Bandara ini terletak di jalan Marsma R Iswahyudi, Kota Balikpapan yang berjarak kurang lebih 94 km dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Akses ke bandara SAMS Sepinggan semakin mudah dengan adanya tol Balikpapan-Samarinda, dengan salah satu pintu masuknya yang berada di Kawasan Manggar, Balikpapan Timur.

Baca Juga: Tinjau Progres Modernisasi 41 Kapal, Prabowo Ingatkan Situasi Geopolitik yang Tidak Menentu

Bandara di Balikpapan ini melayani penerbangan domestik, internasional, dan kargo.Pada periode Januari-September 2023, Bandara SAMS Sepinggan melayani 3.809.081 orang penumpang dan pesawat udara 37.164 pergerakan baik berangkat maupun datang.

Namun, jumlah ini belum mencapai jumlah penumpang sebelum pandemi, yakni tahun 2019 yang mencapai 5.429.716 orang dan pesawat udara 59.125 pergerakan. 

Bandara SAMS Sepinggan awalnya bernama Bandara Sepinggan Balikpapan.

Baca Juga: Melayang di Atas Tantangan: Proyek Tol Jogja-Bawen dan Pengoperasian Seksi Binjai-Stabat

Kemudian pada 15 September 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pergantian nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Nama tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kalimantan Timur, FKPD Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara, dan Pemkab Paser.

Bandara peninggalan jaman Belanda ini dulunya digunakan untuk kegiatan perusahaan minyak Belanda (BPM) ,kemudian pada tahun 1960 diserahkan operasionalnya kepada Direktorat Jenderal Penerbangan Udara.

Baca Juga: Prabowo Subianto Dapat Dukungan Meriah dari Relawan ETAS: Antusiasme Alumni AS untuk Pilpres 2024

Pada tahun 1987, pengelolaan bandara dialihkan kepada Perum Angkasa Pura I yang kini menjadi PT Angkasa Pura I.

Bandara yang memilki luas wilayah mencapai 300 hektar ini sudah mengalami beberapa kali perbaikan dan pengembangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat