bdadinfo.com

Bergerak Cepat! Antisipasi Uji Coba Bandara Nusantara IKN Juli 2024 dan Proyek Kereta Otonom - News

Antisipasi Uji Coba Bandara Nusantara IKN Juli 2024 (Dok. BKIP Kemenhub)

- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah menetapkan bulan Juli 2024 sebagai waktu yang ditargetkan untuk uji coba Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Wujudkan Keberlanjutan, Realisasi Program TJSL Hutama Karya Sepanjang Tahun 2023 Capai 11,24 Miliar

Dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 24 Januari 2024, Menhub menyampaikan optimisme terhadap kemajuan pembangunan, menyebutkan bahwa mulai dari Januari hingga Juli 2024, pekerjaan konstruksi dan persiapan operasional akan menjadi fokus utama.

"Hari ini, kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar Menhub Budi Karya.

Menhub juga mengungkapkan upaya percepatan pembangunan bandara dengan menambahkan peralatan, memperpanjang waktu kerja, dan menyelesaikan permasalahan terkait lahan.

Baca Juga: Walikota Jenius Ini Berjuang Demi Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Jika Sumbar Tidak Ingin Tertinggal! Sejuta Potensi akan Terkubur Tanpa Jalan Tol

Bandara IKN ini menjadi proyek strategis untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan menciptakan konektivitas yang lebih baik di wilayah tersebut.

Bandara yang berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN dan 120 kilometer dari Balikpapan ini memiliki terminal seluas 7.350 meter persegi dan area bandara seluas 347 hektare.

Runway bandara setebal 3.000 meter dan lebar 45 meter dirancang untuk menerima pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Baca Juga: Amazfit Active Edge, Smartwatch Terbaru dari Amazfit

Tak hanya fokus pada bandara, Menhub Budi Karya Sumadi turut meninjau rencana pembangunan kereta otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

Menhub menyebutkan bahwa ART ini akan beroperasi di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur, dengan target sebagian rute dapat digunakan pada bulan Agustus.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ungkapnya.

Baca Juga: Cara Cek Perkiraan Tagihan Listrik, Begini Langkahnya, Lewat Fitur Catat Meter di PLN Mobile

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat