bdadinfo.com

Rumah Susun ASN di IKN Terus Dikebut, Kementerian PANRB Siapkan Skenario Pemindahan ASN dan Transformasi Digital - News

Proyek rumah susun di IKN (Youtube Lensa Nusantara)

- Proyek monumental di Ibu Kota Nusantara (IKN) sedang mengalami perubahan signifikan, terutama dalam proyek pembangunan rumah susun ASN di IKN. 

Dokumentasi terkini menunjukkan kesibukan luar biasa dan kemajuan pesat dalam konstruksi beberapa bangunan yang merupakan bagian dari langkah besar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Menteri PANRB Anas menjelaskan bahwa pemerintah sedang merespons arahan Presiden Joko Widodo untuk mengkoordinasikan skenario perpindahan ASN ke IKN dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Baca Juga: Fahri Hamzah Mendesak Mahfud MD Agar Mundur dari Jabatan Menkopolhukam

“Hari ini kami menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada akhir pekan lalu dimana Kementerian PANRB diminta untuk mengkoordinasikan skenario perpindahan ASN yang komprehensif dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Kami menyiapkan beberapa skenario, mulai dari skenario ideal hingga skenario bertahap,” kata Anas dalam keterangannya, pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2023.

Seperti dikutip dari YouTube Lensa Nusantara, eberapa skenario, mulai dari ideal hingga bertahap, sedang dipersiapkan untuk memastikan keberlanjutan kinerja pemerintahan di IKN. 

Kementerian PANRB bekerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait, termasuk Otorita IKN, Kementerian PUPR, Kementerian PPN, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan. 

Baca Juga: Oppenheimer Memimpin! Ini Dia 5 Film dengan Nominasi Terbanyak di Oscar 2024

Koordinasi juga melibatkan unsur pertahanan dan keamanan seperti Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri.

Kementerian PANRB tidak hanya memetakan jumlah ASN yang akan pindah, tetapi juga terus mengintensifkan koordinasi dengan instansi terkait untuk menyusun kebutuhan ASN, baik yang sudah ada maupun yang akan direkrut. 

Presiden juga meminta agar dipersiapkan formasi kebutuhan bagi para fresh graduate, tidak hanya untuk Otorita IKN, tetapi juga untuk seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara.

“Tentu kita koordinasi dengan kementerian/lembaga juga berapa sesungguhnya yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan dipilih oleh kementerian/lembaga untuk langsung berkantor di IKN Nusantara,” kata Anas.

Baca Juga: Libas Middlesbrough, Chelsea Melaju ke Final Carabao Cup dan Berpeluang Memenangkan Trofi Pertamanya

Pemindahan ASN tidak hanya mengenai jumlah, tetapi juga tentang bagaimana pemerintahan dapat berjalan optimal. 

Kementerian PANRB harus memastikan fungsi pemerintahan berjalan lancar dengan koordinasi yang baik dengan kementerian dan lembaga terkait. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat