bdadinfo.com

LMAN Allokasikan Rp1,43 Triliun untuk Pembangunan Ibu Kota Negara: Fokus pada Pembebasan Lahan dan Infrastruktur - News

LMAN Allokasikan Rp1,43 Triliun untuk Pembangunan IKN (YouTube Pers Lokal)

- Pada tahun 2023, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengalokasikan dana sebesar Rp1,43 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan LMAN, Iman Rustanto, mengumumkan bahwa dari total anggaran tersebut, Rp1,01 triliun dialokasikan untuk pembebasan lahan akses jalan.

“Terkait sektor IKN, total realisasi Rp1,426 triliun untuk pendanaan tahun 2023,” kata Rustanto saat taklimat media di Jakarta, hari Selasa tanggal 23 Januari 2024,

Sedangkan sisanya, seperti dikutip dari YouTube Pers Lokal, Rp15,88 miliar, digunakan untuk pembebasan lahan kawasan inti pusat pemerintahan.

Baca Juga: Pimpinan Toyota Sampaikan Keraguan Terkait Transisi Penuh Ke Mobilitas Listrik, Akio Toyoda: Memenuhi Kebutuhan Pasar selain Mobil Hybrid dan Listrik!

Dana tersebut mencakup uang ganti rugi (UGR) yang dibayarkan kepada pemilik lahan, baik masyarakat setempat maupun perusahaan.

Total alokasi dana pembebasan lahan IKN oleh LMAN mencapai Rp1,4 triliun.

Rustanto menyatakan harapannya agar sisa anggaran Rp0,97 triliun dapat menyelesaikan pembebasan lahan IKN pada tahun tersebut.

LMAN juga mengalokasikan dana pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol dan bendungan di sekitar kawasan IKN.

Baca Juga: Ketegangan di Laut Merah: Pelayaran Internasional Diancam oleh Serangan Houthi, Kapal Trafigura Menjadi Korban

Realisasi dana tersebut mencapai Rp910,37 miliar yang digunakan untuk pembebasan lahan Bendungan Sepaku Semoi senilai Rp357,93 miliar.

Sementara juga untuk pembangunan tol Balikpapan-Samarinda senilai Rp552,40 miliar.

Pembebasan lahan untuk pembangunan IKN merupakan salah satu tugas LMAN dalam pengadaan lahan proyek strategis nasional (PSN).

Secara keseluruhan, LMAN telah menyalurkan Rp8,2 triliun untuk pembebasan lahan PSN sepanjang tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat