bdadinfo.com

Medan Tak Tertandingi! Konstruksi Pembangunan Stadion Utama Olahraga Bakal Bertaraf Internasional Ditargetkan Rampung 2024, Kapan Beroperasi Penuh? - News

Konstruksi pembangunan stadion utama di Medan Sumatera Utara (Freepik)

- Sumatera Utara belum juga kunjung rampung dari segala konstruksi dalam pengerjaan pembangunan yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pengerjaan pembangunan yang masih di tahap penyelesaian konstruksi, salah satunya ialah Stadion Utama Teladan Medan yang akan beralih menjadi Stadion Utama bertaraf Internasional.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang akan merevitalisasi Stadion Teladan Medan, namun prosesnya saat itu sedang memasuki tahap finalisasi Detail Engineering Design (DED).

Adapun renovasi stadion yang merupakan kebanggaan dari warga Kota Medan yang dibangun pada tahun 1952 dan sempat dioperasikan tahun 1953 itu membutuhkan anggaran sebesar Rp560 miliar.

Baca Juga: Banyumas Udah Bahagia! 2024 Resmi Dibangun Jembatan Baru Senilai Rp72 M Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia, Apa Namanya?

“Stadion Teladan kini tahap finalisasi DED nya. Kita akan melaksanakan asistensi ke Tim Ahli Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk lebih melengkapi DED yang telah dipersiapkan,” ujar Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis dalam Podcast BK Medan di Stadion Teladan Medan pada Selasa 18 Juli 2023.

Endar Sutan Lubis mengatakan bahwa revitalisasi tidak hanya stadion tapi juga kawasan di sekitar stadion namun terkait anggaran tersebut sudah dilakukan pembicaraan dengan Kementerian PUPR.

“Kemungkinan Kementerian PUPR menampung anggaran Rp300 miliar, sisanya nanti akan ditampung di APBD Kota Medan. Kita akan melakukan efisiensi terhadap anggaran tersebut dan dalam tahap pembahasan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, DED ini bisa kita finalisasi. Insya Allah, tahun ini revitalisasi Stadion Teladan dapat direalisasikan pelaksanaannya,” ujar Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis menambahkan.

Baca Juga: Mega Proyek Kota Baru Lampung dengan Biaya Pembangunan Mahal Belum Jelas Nasibnya, Begini Faktanya

Selain itu, bangunan sebelum di revitalisasi termasuk dalam potensi untuk ditetapkan sebagai cagar budaya karena sudah berusia lebih dari 50 tahun lamanya.

Rrevitalisasi yang akan dilakukan nanti akan melibatkan tenaga ahli cagar budaya untuk mendesain jadi nilai-nilai cagar budaya Stadion Teladan tidak hilang.

Stadion yang dapat menggelar pertandingan FIFA harus memiliki daya tampung melebihi 30.000 penonton, yang sebelumnya hanya bisa menampung 20.000 penonton saja.

Baca Juga: Proses Pembangunan Masih Berlanjut, Optimis Jalan Tol Pertama di Jambi akan Menjadi Kenyataan!

Diketahui kedatangan bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Diana Kusumastuti dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution tengah meninjau Stadion Teladan Medan pada Minggu 6 November 2023 pagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat