bdadinfo.com

Indahnya! Habiskan Dana Rp32,4 Miliar, Embung Wanakaya di Indramayu Hadirkan Manfaat Irigasi dan Pariwisata - News

 Embung Wanakaya di Indramayu Hadirkan Manfaat Irigasi dan Pariwisata (PUPR)

 

- Embung Wanakaya merupakan salah satu tampungan air buatan yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pembangunan dilaksanakan pada tahun 2020-2021 dengan menghabiskan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp32,4 miliar.

Dilansir dari akun instagram @kempupr, pada 5 Februari 2024, kapasitas tampung mencapai 101.800 m3, dan telah memberikan manfaat suplai air untuk 777 hektar lahan pertanian dan menjadi tampungan cadangan air disaat musim kemarau datang.

Baca Juga: Berdiri Kokoh tanpa Tiang Penopang, Jembatan di Banten Ini Habiskan Anggaran Senilai Rp106,7 Miliar

Sebagai ruang publik yang dilengkapi dengan jogging track, Embung Wanakaya juga menjadi destinasi wisata baru karena memanjakan mata dengan pemandangan indah berlatar belakang persawahan,

Hadirnya Embung Wanakaya juga diharapkan sebagai solusi ketika petani mengalami krisis air, sehingga bisa membantu hasil tani serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyediaan sarana dan prasarana air seperti bendungan dan embung digunakan untuk ketahanan air dan kebutuhan pangan.

"Di beberapa daerah masih ada masyarakat yang kesulitan dalam memperoleh air bersih. Realitas ini menjadi perhatian Kementerian PUPR untuk selalu melakukan upaya menyediakan infrastruktur air dan salah satunya melalui pembangunan embung," tutur Basuki Hadimuljono dikutip dari akun instagram @kemenpupr.

 Baca Juga: Penantian Warga Sumbar Tak Sia-sia! Jalan Tol Padang-Sicincin Berprogres Signifikan, Bakal Terus Dilanjut Sampai ke Riau

Pembangunan Embung Wanakaya dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama di tahun 2020 yang meliputi pekerjaan tanah (galian, blanket, dan timbunan), pembuatan intake, pembangunan rumah pompa, pekerjaan inlet dan outlet, dan pekerjaan revetment.

Sementara tahap kedua pada tahun 2021, meliputi pekerjaan revetment, jalan inspeksi, pasangan batu, dan pemancangan minipile.

Sebagai informasi, embung merupakan salah satu teknik pemanenan air yang sangat sesuai pada daerah kering.

Tampungan air embung berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan air yang berguna untuk berbagai kebutuhan masyarakat, seperti menyimpan air pada saat musim hujan agar bisa dimanfaatkan ketika diperlukan.

Baca Juga: Pernyataan Pamungkas Debat, Prabowo Sampaikan Maaf kepada Paslon 1 dan 3

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat