bdadinfo.com

Jokowi Meresmikan Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera: Langkah Penting untuk Konektivitas dan Pertumbuhan Ekonomi - News

Jokowi Meresmikan Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatera (YouTube Top Konstruksi)

- Sejumlah ruas jalan tol Trans Sumatera kembali diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Februari 2024 di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Terdapat dua ruas yang diresmikan, yaitu ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura 50 dan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura 50 dan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara telah resmi diresmikan.

Baca Juga: Momentum Pembangunan IKN: Dukungan Pemerintah dan Kemajuan Proyek Infrastruktur

Seperti dikutip dari YouTube Top Konstruksi, kedua ruas jalan tol ini telah selesai dibangun sejak tahun 2023 dan baru diresmikan pada Februari 2024.

Ruas pertama, Indrapura 50, memiliki panjang 15,6 KM dengan nilai investasi sebesar Rp1,67 triliun, dikerjakan oleh PT Hutama Karya Persero.

Ruas ini merupakan seksi pertama dari jalan tol Indrapura-Kisaran yang memiliki total panjang 47,75 KM, terbagi ke dalam dua seksi.

Baca Juga: Progres Pembangunan Bilah Burung Garuda Kantor Presiden di IKN Terus Digiatkan: Meninjau Kemajuan Pemasangan Struktur Tiang Pancang

Sementara itu, ruas kedua yang diresmikan adalah jalan tol ruas Tebing Tinggi-Indrapura, dengan panjang 20,4 KM dan nilai investasi sebesar Rp3,06 triliun, dikerjakan oleh PT Hutama Marga Waskita.

Ruas ini merupakan seksi pertama dari jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang memiliki total panjang 145,25 KM, terdiri dari enam seksi.

Dari total panjang tersebut, ruas jalan tol seksi 1 sampai 4 sepanjang 103,52 KM dikerjakan sepenuhnya oleh PT Hutama Marga Waskita.

Baca Juga: Daya Tampung 101.800 Meter Kubik, Embung Wanakaya Beri Manfaat Suplai Air bagi Lahan Pertanian Seluas 777 ha

Sementara seksi 5 dan 6 sepanjang 39 KM mendapat dukungan dari pemerintah.

Progres pembebasan tanah dan konstruksi telah mencapai tahap yang signifikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat