bdadinfo.com

Investasinya Sebesar Rp2,16 Triliun, Jembatan Terpanjang di Indonesia Ini Hubungkan Palembang – Jambi - News

Ilustrasi pembangunan jembatan di Sumatera Selatan  (Freepik.com )

Pembangunan Jembatan di Sumatera Selatan, Palembang ini belum juga selesai konstruksinya hingga pada 2024 telah tiba namun Sungai Musi menjadi ikon di Sumatera.

Salah satu ikon yang tidak terlupakan di Sungai Musi ialah Jembatan Ampera yang memiliki sejarah panjang menjadi simbol yang mewakili kota tersebut.

Namun, bagian dari wilayah kepulauan Indonesia yaitu Sumatera yang memiliki banyak pulau terpisah, namun Sumatera juga dikenal memiliki sungai raksasa.

Baca Juga: Molor! Lahan 4.500 Hektare Dikeruk Jadi Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur, Kapan Beroperasi Penuh?

Pembangunan jembatan Musi Lima yang akan menghubungkan Kota Palembang dengan Kota Palembang-Jambi ditargetkan rampung pada 2024.

Sehingga sangat penting dibangun sebuah jembatan sebagai jalur penghubung agar bisa terhubung antara pulau dengan kabupaten di tiap wilayah tersebut.

Bertujuan untuk memudahkan aksebilitas antar kedua pulau untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

Baca Juga: A For Awesome! Simak Spesifikasi Samsung Galaxy A04e, Membawa Dual Camera dan Helio P23

Bukan hanya berguna sebagai penghubung, namun berbagai jembatan di Sumatera memiliki desain struktur yang mewah hingga dapat menjadi landmark dan ikon dari daerah sekitar.

Sumatera adalah wilayah yang mana saat ini tengah banyak melaksanakan pembangunan Jalan Tol di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Kendati dipastikan akan ada ruas Jalan Tol baru yang rampung pengerjaannya justru akan menambah panjang ruas jalan tol Trans Sumatera berbagai tantangan harus dihadapi.

Baca Juga: Update Progres Pembangunan Ibu Kota Nusantara pada Hari Imlek 2024: Dari Hunian ASN hingga Infrastruktur Penting

Tantangan yang dihadapi tersebut dari pembangunan Jalan Tol di Sumatera seperti banyaknya tanah rawa dan tanah gambut sebagaimana dikutip dari @INFRASTRUKTUR INDONESIA.

Melainkan, ada beberapa sungai besar yang membuat Jalan Tol harus dilengkapi dengan jembatan yakni Jembatan Sungai Musi 5 di Sumatera Selatan yang melintas diatas Sungai Musi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat