bdadinfo.com

6 Jalan Paling Berbahaya dan Terekstrem di Sumatera Barat, Salah Satunya Sudah Makan Banyak Korban Kecelakan: Terkenal Se-Indonesia! - News

Ilustrasi kecelakaan di jalur Sitinjauk Lauik, Sumatera Barat. Jalan ini termasuk salah satu jalan yang berbahaya dan terekstrem. (IST)

- Provinsi Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu daerah yang keindahan alamnya masih sangat terjaga.

Sejumlah pembangunan infrastruktur yang ada di Sumatera Barat juga dibangun dengan berdampingan dengan kondisi alam tanah Minang yang luar biasa.

Meski demikian, terdapat beberapa jalan hubung di wilayah Sumatera Barat ini yang dikategorikan termasuk jalan yang ekstrem dan berbahaya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan 2 Proyek Jalan Tol Tambahan Menuju Danau Toba di Sumatera Utara ini Disebut Tanpa Kendala: Siap Dieksekusi! 

Hal tersebut dikarenakan beberapa jalan di bawah ini belum mendapatkan pengamanan yang lebih maksimal untuk pengendara.

Berikut 6 (enam) jalan terekstrem dan berbahaya di Sumatera Barat: 

  1. Jalan Panyalaian 

Terletak di Kab. Tanah Datar, jalan nasional yang menghubungkan Bukittinggi dengan Padang Panjang ini merupakan salah satu jalan yang berbahaya yang ada di Sumatera Barat. 

Baca Juga: Horee! Jalan Tol Menuju Danau Toba di Sumatera Utara ini Bakal Punya 2 Terowongan Megah: Kapan Mulai Dibangun?

Bahkan jalan ini tidak jarang memakan korban. Jalan ini terlihat seperti jalanan ini tidak berbahaya karena jalan ini terlihat mulus dan lebar. 

Namun jika pengendara dari daerah Bukittinggi ke Padang atau arah sebaliknya harus berhati-hati. Dari arah Bukittinggi terdapat jalanan yang cukup menurun, di penurunan inilah sering terjadi kecelakaan. 

  1. Kelok Kuburan Duo Rimbo 

Jalur ini terletak di Kec. Panti, Kab. Pasaman, Sumatera Barat. Kelok ini terbilang sangat ekstrem karena bersebelahan langsung dengan jurang.

 Baca Juga: Padahal Lahannya Sudah Dipersiapkan, Proyek Jalan Tol di Sumatera Selatan ini Tidak Jadi Dieksekusi Pemerintah: Dihapus dari PSN!

Pada jalur ini terdapat tikungan yang tajam dan ekstrem, jalur ini hanya bisa dilewati satu jalur saja. Meskipun sudah di aspal akan tetapi tidak ada pembatas di pinggir jalan tersebut.

  1. Sitinjau Lauik 

Sitinjau Lauik merupakan tanjakan ekstrem dengan pemandangan indah di Jalan Raya Padang - Solok, Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat