bdadinfo.com

Presiden Jokowi Hadir Dalam Memperingati Hari Pers Nasional, Inilah Pesan yang Disampaikan - News

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Saat Menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 (kominfo.jatimprov.go.id)

- Presiden Joko Widodo menghadiri acara penting di di Econventional Hall Ecopark, Ancol, dalam memperingati Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024.

Acara tersebut diselenggarakan pada Selasa, 20 Februari 2024, tentu menjadi acara yang tidak ingin dilewatkan oleh Presiden Ketujuh Indonesia untuk memberi ucapan selama kepada Semua Pers.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh seluruh pewarta dari media elektelronik, cetak hingga online, sehingga menjadi hari peringatan yang penting ditengah Pemilu 2024.
 
Baca Juga: Hari Ini 21 Februari 1949: Tan Malaka Dihukum Mati, Berikut Kisah Hidup Pahlawan Nasional Asal Sumatera Barat yang Kontroversial

Dalam sambutan, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2024, dan rasa terima kasih karena telah konsisten menemani pemerintah dan masyarakat dalam menjaga demokrasi.

Serta turut mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan hampir 4 bulan terakhir, mulai dari undian Nomor Paslon, Debat Capres - Cawapres hingga masa Pencoblosan.

Presiden memberikan dua pesan kepada seluruh insan pers Indonesia, yaitu mengharapkan agar pers menjadi salah satu penjaga demokrasi, dan menjadi rumah untuk menjernihkan informasi.
 
Baca Juga: Bobrok! Suamtera Barat dan Riau Banyak Maling yang Doyan Makan Uang Rakyat! Bikin Proyek Jalan Tol Dua Provinsi Mangkrak Bertahun-tahun

“Beritakan fakta apa adanya, tapi bukan untuk mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, dan bukan seolah-olah ada,” ujar Jokowi, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Selasa, 20 Februari 2024.

Kedua, agar perusahaan pers di dalam negeri dapat memikirkan langkah-langkah yang konkret dan strategi, dan terus melakukan inovasi di tengah ketidakpastian global.

“Saya berharap perusahaan pers dapat memikirkan langkah konkret dan strategis, melakukan inovasi agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, dan mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global,” tambahnya.

Acara kali ini dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, Menteri Dalam Negeri,Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
 
Baca Juga: Informasi Penting Terkait Proklamator, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 99

Lalu ada Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia, Pusat Hendry Ch. Bangun.

Tentu saja, perayaan kali ini menjadi momen penting tatkala sedang menjalani masa perhitungan dalam Pemilu 2024, dimana perhitungan suara sudah mencapai 50 persen.

Disamping itu, Presiden juga sudah menyatakan pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi kepada seluruh bagian insan pers di tengah era digital.

Untuk itu, telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No. 32 tahun 2024, tentang tanggung jawab perusahaan platform digital, untuk mendukung kegiatan jurnalisme berkualitas.
 
Baca Juga: Mengenal Hak Angket DPR, Kewenangan Anggota Parlemen yang Didorong Ganjar Pranowo Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Presiden menyebut, jika semangat awal dari Perpres ini agar jurnalisme di Indonesia semakin berkualitas, jauh dari konten-konten negatif, dan mengedukasi.

Pada puncak acara juga diserahkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, yaitu penghargaan anugerah PWI 2024 kepada para Bupati dan Walikota, pena emas kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Serta medali emas kemerdekaan pers diserahkan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi yang diwakili Wamenlu, Pahala Nugraha Mansury.

Puncak Peringatan HPN 2024, mengangkat tema berjudul "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

Hari Pers Nasional, memang menjadi momen penting karena memiliki peran penting dalam menyampaikan kebenaran secara jujur, berwibawa dan dapat memahami yang disampaikan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat