bdadinfo.com

Bendungan Pertama di Maluku Rampung Tahun Ini, Siap Pasok Air Irigasi untuk Lahan Seluas 10 Ribu Hektar - News

Pembangunan Bendungan Way Apu Maluku (hutamakarya.com)

- Berlokasi di Kabupaten Buru Provinsi Maluku, pembangunan Bendungan Way Apu terus dikebut pengerjaannya.

Ditargetkan selesai di tahun ini, pembangunan Bendungan Way Apu dilakukan melalui skema 2 paket pekerjaan.

Total biaya yang dihabiskan untuk menyelesaikan pembangunan Bendungan Way Apu ditaksir mencapai Rp2,08 triliun.

Baca Juga: Para Perawan Wajib Baca! Enak Kali Tanpa Modal Jadi Pria Lajang Minangkabau Dibeli Oleh Calon Istrinya Ketika akan Dinikahkan

Adapun untuk pekerjaan paket 1 menyasar pembangunan konstruksi bangunan utama, sementara pekerjaan paket 2 menyasar pembangunan konstruksi bendungan pelimpah.

Bendungan Way Apu difungsikan untuk membendung Sungai Way Apu yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Pulau Buru.

Pembangunan proyek bendungan ini menjadi tak mudah karena sempat terjadi permasalahan pembebasan lahan di awal pembangunan.

Baca Juga: Epos Baru Sumatera Timur: Kota Tanjung Balai, Ibukota Penuh Makna di Balik Pemekaran Provinsi yang Bersejarah!

Kontrak pembangunan yang ditargetkan selesai di tahun 2022 harus mundur menjadi tahun 2024 setelah mengalami permasalahan pembebasan lahan tersebut.

Setidaknya pembangunan proyek Bendungan Way Apu ini membutuhkan waktu sekitar 7 tahun dimulai dari kontraknya sejak Desember 2017.

Bendungan Way Apu menjadi bendungan pertama di Provinsi Maluku yang memiliki kapasitas daya tampung hingga 50,05 juta meter kubik.

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Pembelajaran 2 Halaman 92 93

Hadirnya Bendungan Way Apu ini dimanfaatkan untuk pasokan air baku serta irigasi lahan pertanian.

Dalam rangka mendukung pertanian, Bendungan Way Apu dapat menyediakan air irigasi untuk lahan pertanian seluas 10.000 hektar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat