bdadinfo.com

Menakjubkan! Inovasi Bendungan Sidan di Bali Ini Torehkan Prestasi Jadi yang Pertama di Asia Tenggara, 5 Desa Ikut Terkeruk - News

Inovasi pembangunan Bendungan Sidan di Bali torehkan prestasi jadi yang pertama di Asia (pupr.go.id)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang mengebut perampungan Bendungan Sidan.

Pembangunan Bendungan Sidan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan selesai pada tahun 2024 ini.

Salah satu dari 65 PSN bendungan ini terletak di perbatasan tiga kabupaten di Bali.

Baca Juga: JTTS Jadi Primadona Warga Sumatera, 342 Ribu Kendaraan Lintasi Sejumlah Ruas Jalan Tol Saat Momen Libur Panjang 

Sebanyak 5 desa terdampak akibat pembangunan ini di tiga kabupaten tersebut.

Kelima desa tersebut menjadi lokasi Tapak Bendungan dan Genangan bendungan, yaitu Desa Sidan (Kabupaten Badung) Desa Buahan Kaja (Kabupaten Gianyar), Desa Bunutin, Desa Mengani, dan Desa Langgahan (Kabupaten Bangli).

Bendungan yang menghabiskan anggaran senilai Rp 1,67 triliun ini mulai dibangun pada Oktober 2018 lalu dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2024.

Dibangun di atas lahan seluas 82,73 hektar, Bendungan Sidan memiliki kapasitas penampungan air hingga 3,8 juta meter kubik.

Baca Juga: Sumatera Selatan Sumbang Besar Produksi Pisang Indonesia! 5 Daerah Ini Jadi Penghasil Utama

Bendungan ini nantinya akan menyediakan air baku untuk wilayah Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, Kota Denpasar, dan Kabupaten Tabanan.

Kurangnya ketersediaan air baku di Bali membuat Pemerintah Provinsi membangun 7 bendungan di Bali, 2 diantaranya masih dalam proses pengerjaan.

Selain menyediakan air baku, nantinya bendungan ini berpotensi sebagai lokasi pariwisata, pembangkit listrik tenaga mikrohidro atau PLTM, dan sebagai kawasan konservasi.

Debit air di Bendungan Sidan mencapai 1.750 liter per detik sebagai penyedia air baku untuk wilayah Sarbagita.

Baca Juga: Jalan Tol di Riau Laris Manis Dilewati Pengendara Saat Momen Libur Panjang, Alami Peningkatan Volume Lalu Lintas yang Signifikan 

Sebanyak 750 liter per detik untuk air baku wilayah Kota Denpasar, 500 liter per detik untuk Kabupaten Badung, 300 liter per detik untuk Kabupaten Gianyar, dan 200 liter per detik untuk Kabupaten Tabanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat