bdadinfo.com

Keren! Menkes dan Gubernur Sumatera Barat Resmikan Alat Deteksi Cepat Bakteri MRSA, Karya Anak Bangsa di RSUP M Djamil Padang - News

Menteri Kesehatan Budi & Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Resmikan Panel Deteksi Cepat MRSA di RSUP M. Djamil Padang (instagram.com/@mahyeldisp)

Menteri Kesehatan meresmikan peluncuran alat inovasi terbaru di RSUP M Djamil Padang.

Alat tersebut adalah panel deteksi cepat Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) yang berbasis molekuler.

Panel deteksi cepat ini merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan mitra bisnis PT Crown Technology Indonesia.

Baca Juga: Resmi Ditandatangani Oleh Presiden Terpilih Pada 28 Desember, Kabupaten Ini Miliki Otonomi Sendiri dan Pergi Meninggalkan Provinsi Sumatera Barat

MRSA adalah jenis bakteri yang resisten terhadap antibiotik umum, termasuk metisilin.

Adapun, bakteri Staphylococcus aureus dapat hidup di hidung atau kulit manusia.

Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin mengatakan keberadaan alat tes diagnosis cepat ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Proyek Flyover Sitinjau Lauik Butuh Lahan 18 Hektar, Paling Banyak Makan Lahan Milik Masyarakat: Jembatan Layang Megah Segera Hadir di Sumatera Barat!

Penyakit dari infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

“Bayi kita paling banyak meninggal karena pneumonia dan diare, itu patogen juga penyebabnya,” ujar Budi di Aula RSUP M. Djamil Padang.

Oleh karena itu, Budi berharap adanya alat tes tersebut bisa memberikan kontribusi signifikan dalam mencegah bakteri.

Baca Juga: Disetujui Presiden, Sumatera Selatan Siap Bangun Jalan Tol Baru Super Canggih Dilengkapi dengan Terowongan Megah Seperti di Eropa

Budi menegaskan bahwa terciptanya alat ini adalah salah satu hasil kongkrit manfaat sinergi dan kolaborasi rumah sakit dan perguruan tinggi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengaku sangat bangga atas peluncuran alat deteksi cepat MRSA ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat