bdadinfo.com

Pembangunan IKN Terus Berjalan Sesuai Target dan Roadmap, Proyek Mulai Memperlihatkan Hasil - News

Progres pembangunan IKN terlihat berlangsung sesuai target

- Update terbaru pembangunan IKN Nusantara menunjukkan bahwa proyek ini terus berjalan sesuai target dan roadmap yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2020. 

Peletakan tahap 5 pun akan berlanjut pada pekan ini.

Progres pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara sudah mencapai 56,37%, sementara pembangunan jalan tol langsung ke IKN Nusantara sudah mencapai 70%, dengan jarak tempuh 30-40 menit ke Balikpapan.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Smart City di IKN Nusantara Tunjukkan Progres Signifikan, Dilengkapi Fitur-fitur Canggih

Di kawasan IKN Nusantara, sudah dimulai pembangunan 89 paket pekerjaan konstruksi, termasuk perkantoran, hunian, rumah ibadah, serta sistem jaringan air minum dan sanitasi. Investasi total mencapai Rp8,6 triliun.

Seperti yang dikutip dari YouTube Titik Nol Nusantara, pembangunan IKN Nusantara terbagi dalam lima tahap. 

Tahap pertama berlangsung dari tahun 2022 hingga 2024, dengan fokus pada pemindahan fungsi pemerintahan prioritas dan jumlah penduduk sebesar 260.000 orang.

Tahap kedua, yang berlangsung dari tahun 2025 hingga 2029, melibatkan pembangunan area inti IKN Nusantara, termasuk perluasan jaringan transportasi, permukiman, dan pengembangan kawasan riset dan talenta.

Baca Juga: 9 Ruas Jalan Tol Bagian dari Mega Proyek JTTS Ditargetkan Beroperasi di bulan Juni 2024: Tol Sumatera Barat Jadi Salah Satunya? 

Tahap ketiga (tahun 2030-2034) akan fokus pada pembangunan progresif, termasuk untuk utilitas terintegrasi, kawasan industri, dan penguatan kota cerdas.

Tahap keempat (tahun 2034-2039) akan melibatkan pembangunan seluruh infrastruktur dan ekosistem tiga kota untuk percepatan pembangunan Kalimantan.

Tahap kelima (tahun 2040-2045) akan menekankan pada pengokohan reputasi IKN Nusantara sebagai Kota Dunia untuk semua, dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta orang.

Pemerintah berharap pembangunan IKN Nusantara ini dapat mendorong kerja sama yang harmonis dari berbagai pihak untuk memperkuat perekonomian nasional. 

Salah satu rencana pembangunan yang akan direalisasikan tahun ini adalah perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN Nusantara.

Pembangunan IKN Nusantara ini sudah mulai menunjukkan hasil. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat