bdadinfo.com

Jawa Timur Semakin Mendunia! Punya Jalan Tol Baru Super Megah Terkoneksi ke Tol Trans Jawa dengan Jalan Nasional Pansela - News

Pembangunan jalan tol Kediri Tulungagung melalui anak usahanya PT. Surya Sapta Agung Tol melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa pihak swasta (unsolicited)

 -  Jalan Tol Kediri Tulungagung ini akan dibangun sepanjang 44,17 km, terdiri dari akses Bandara Dhoho Kediri sepanjang 6,82 km dan main road sepanjang 37,35 km termasuk jalan akses.

Diketahui, akses dari dan ke Kota Kediri akan lebih mudah lagi. Pasalnya, pembangunan jalan tol Kediri Tulungagung resmi akan digarap oleh PT Gudang Garam, Tbk.

Pembangunan jalan tol Kediri Tulungagung melalui anak usahanya PT. Surya Sapta Agung Tol melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa pihak swasta (unsolicited).

Baca Juga: Pernyataan Hutama Karya Terkait Kasus Pengadaan Lahan Tol Trans Sumatera: Nilai Kerugiannya Miliaran

Dilaksanakan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang melibatkan pihak pemrakarsa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Rencananya, pembangunan tol ini mulai konstruksi pada kuartal II-2024, dilanjutkan dengan main road yang akan menghubungkan Kediri-Mojo-Tulungagung beroperasi pada kuartal III-2025.

Sebelum rencana tahapan pembangunan itu dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri - Tulungagung yang disaksikan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljo.

Baca Juga: Heboh Rumah Dinas Mewah Milik Para Menteri di IKN, Ternyata Habiskan Sekitar Rp14 Miliar Per Unitnya

Jumlah lajur yang dimiliki Jalan Tol ini adalah 2x2 dan 4 simpang susun yang berada di Bulawen, Kediri, Mojo, dan Tulungagung.

Menanggapi pembangunan Jalan Tol Kediri Tulungagung yang digarap PT Gudang Garam Tbk, Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengucapkan terima kasih karena telah berinvestasi dalam proyek nasional ini.

Jalan tol ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal aksesibilitas menuju Kota Kediri. Dengan begitu, Kota Kediri bisa lebih dikenal karena potensi yang dimiliki. Tidak hanya dilewati, Kota Kediri akan jadi destinasi.

“Semoga dengan adanya jalan tol ini bisa jadi pengungkit perekonomian di Kota Kediri," imbuhnya.

Baca Juga: Hadapi Peraih Emas Olimpiade dan Juara Dunia, Berikut Perjalanan Terjal Fajar-Rian Pertahankan Gelar All England 2024

Pj Wali Kota Kediri juga mengajak daerah sekitar seperti Kabupaten Kediri, Tulungagung, Blitar, Nganjuk dan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat