bdadinfo.com

Siap-Siap! Tol Jakarta-Cikampek ‘Japek’ II Selatan Bakal Mulai Beroperasi di Mudik Lebaran Tahun 2024 Ini - News

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Bakal Mulai Beroperasi di Mudik Lebaran Tahun 2024 Ini (Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR)

- Masyarakat Indonesia memiliki tradisi tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri salah satunya mudik. 

Tradisi mudik menjadi hal yang biasa dilakukan khususnya warga jabodetabek yang ingin merayakan momen kebersamaan di kampung halaman.

Bagi para pemudik, penting untuk mengetahui info terbaru terkait dengan mudik 2024. Hal ini bisa dilakukan sebagai cara antisipasi terjebak kemacetan pada mudik 2024.

Baca Juga: Pernyataan Tegas dari Relawan Pro-Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Tidak Akan Maju dalam Pilkada 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap bahwa Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek)) II Selatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat akan mulai beroperasi secara fungsional saat arus mudik Lebaran 2024 mendatang.

Jalan Tol Japek II Selatan ini akan menghubungkan jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR,Triono Junoasmono mengungkap bahwa pembangunan jalan tol ini menelan biaya konstruksi sebesar Rp4,15 trilliun dan membentang sepanjang 62 kilometer.

Baca Juga: Luasnya 1,09 Juta Hektar, Taman Nasional di Sumatera Utara Ini Diakui Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Pengerjaan pembangunan Tol tersebut terbagi menjadi tiga paket pengerjaan di antaranya,

-          Paket 1 ruas Jatiasih – Setu sepanjang 7,25 km dengan progres saat ini yang masih menunggu kesiapan lahan,

-          Paket 2 ruas Setu – Taman Mekar sepanjang 23,50 km yang terbagi menjadi Paket 2A Ruas Setu – Sukaragam sepanjang 10,50 km dan Paket 2B Ruas Sukaragam – Sukabungah sepanjang 13 km saat ini dilaporkan telah mencapai progres konstruksi masing – masing sebesar 10,36% dan 17,06%

-          Paket 3 ruas Sukabungah – Sadang sepanjang 31,25 km dengan progres konstruksi saat ini mencapai 86,06%.

Baca Juga: Tangis Pecah saat Melihat Jenazah sang Adik, Melly Goeslaw: Insya Allah Nanti Kita Bertemu Lagi

Untuk menyambut mudik lebaran, dari 3 pake pekerjaan tersebut nantinya khusus paket 3 akan mulai difungsionalkan mulai saat arus mudik lebaran 2024 karena pengerjaannya sudah hampir rampung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat