bdadinfo.com

Mengungkap Misteri Malam Lailatul Qadar, Benarkah Bisa Hapus Dosa? - News

Ilustrasi (IST)

 

- Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia menantikan kedatangan Lailatul Qadar, malam yang dipercaya sebagai malam terbaik dalam setahun.

Malam yang penuh keberkahan ini diyakini terjadi di bulan Ramadan, meskipun tanggal pastinya tidak diketahui secara pasti.

Dalam tradisi Islam, Lailatul Qadar memiliki makna yang sangat penting, karena diyakini sebagai malam di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Salah satu keyakinan yang berkembang di kalangan umat Islam adalah bahwa berdoa di malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang luar biasa, termasuk kemampuannya untuk membersihkan dosa-dosa manusia.

Baca Juga: Geliatkan Link and Match, Politeknik Negeri Padang Jajaki Kerjasama dengan PT Daikin Airconditioning

Pandangan ini didasarkan pada hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW dan interpretasi para ulama Islam selama berabad-abad.

Menurut Imam Al-Ghazali, seorang ulama besar dalam tradisi Islam, malam Lailatul Qadar adalah kesempatan bagi umat Islam untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Dalam karyanya yang terkenal, "Ihya Ulum al-Din" (Revival of the Religious Sciences), Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa malam ini adalah waktu di mana doa-doa akan lebih cepat dikabulkan, dosa-dosa diampuni, dan kebaikan dilipatgandakan.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, seorang ulama hadis terkemuka. Dalam kitabnya "Fath al-Bari" yang merupakan syarah atas kitab hadis Sahih al-Bukhari, Ibnu Hajar menjelaskan bahwa berdoa di malam Lailatul Qadar merupakan kesempatan yang langka dan berharga bagi umat Islam untuk mendapatkan pengampunan dosa-dosa mereka.

Beliau menyebutkan bahwa Allah SWT sangat dermawan dalam memberikan ampunan pada malam ini, dan umat Islam seharusnya memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Kantongi Narkoba, 2 Remaja Matur Agam Ditangkap Polisi di Maninjau

Pandangan lain yang sejalan dengan pandangan ulama adalah dari Dr. Zakir Naik, seorang pendakwah Islam terkenal.

Dr. Zakir Naik dalam ceramahnya menyebutkan bahwa berdoa di malam Lailatul Qadar memiliki kekuatan untuk menghapus dosa-dosa seorang hamba yang ikhlas dalam berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat