bdadinfo.com

Baru Diresmikan! Konstruksi Pembangunan Jaringan Irigasi Termegah di Sulawesi Tengah Demi Penuhi Daerah Pertanian Warga Seluas Lebih dari 1.000 Ha? - News

Jaringan Irigasi, Sulteng (Freepik)

 

- Infrastruktur Mega proyek strategis nasional di Sulawesi Tengah sedang dalam perencanaan dan ini telah diresmikan terutama Jaringan Irigasi

Kementerian PUPR melakukan percepatan pembangunan irigasi pertanian di wilayah kerja Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu.

Sebagai provinsi yang diharapkan menjadi pusat Kawasan Pangan Nasional (KPN) di masa yang akan datang, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Baca Juga: Kabupaten Pacitan Menuju Sukses! Proyek Besar Pertama Konstruksi Jembatan Terpanjang dan Multifungsi di Jawa Timur Ini, Kapan Dimulai?

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki potensi besar dalam pengembangan dan budidaya pangan, khususnya di bidang pertanian.

Sebab nantinya, KPN juga akan digunakan untuk mengelola sumber - sumber ketahanan pangan lainnya seperti sektor peternakan dan sektor perikanan.

Selain itu, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk sikap antisipatif pemerintah dalam menghadapi krisis global yang terkait isu pangan.

Baca Juga: Rampung Desember! Rencana Pembangunan Monumen Reog Ponorogo di Kabupaten yang Ada di Jawa Timur Bakal Jadi Kawasan Termegah Sekaligus Ikon Di...

Saat ini, BWS Sulawesi III Palu menangani sebanyak enam Daerah Irigasi (D.I.) yang menjadi kewenangan pusat. 

Kewenangan pusat dengan luasan lebih dari 3.000 hektare yang tersebar di beberapa wilayah provinsi Sulawesi Tengah.

Daerah Irigasi (D.I.) yang dikelola oleh BWS Sulawesi III Palu ialah sebagai berikut D.I. Gumbasa seluas 8.103 hektare. 

Baca Juga: Wow! Volume Kendaraan yang Melintasi di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang Membludak di Libur Akhir Pekan Jelang Lebaran, Lebih dari 50 Ribu Kendaraan?

D.I. Sausu Atas seluas 7.868 Ha, D.I. Lambunu seluas 4.989 Ha dan D.I. Sinorang Ombulu seluas 3.130 Ha, D.I. Singkoyo seluas3.038 Ha, D.I. Mentawa seluas 3.337 Ha.

Presiden RI, Joko Widodo saat itu meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat