bdadinfo.com

Sumatera Selatan Hampir Kaget! Penemuan Harta Karun di Peninggalan Zaman Penjajahan Puluhan Kepingan Emas Bikin Berebutan, Berikut Lokasinya - News

Harta Karun di Sumatera Selatan  (Freepik)

- Sumatera Selatan atau pulau Sumatera bagian selatan yang dikenal sebagai provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi ini didirikan pada tanggal 12 September 1950 yang mulanya mencakup daerah Jambi, Bengkulu, Lampung.

Kepulauan Bangka Belitung adalah keempat wilayah yang terakhir disebutkan kemudian masing-masing menjadi wilayah provinsi tersendiri. 

Baca Juga: Solsel Tetapkan 5 Isu Utama RPJPD 2025-2045

Namun memiliki akar budaya bahasa dari keluarga yang sama yakni bahasa Austronesia proto bahasa Melayu dengan pembagian daerah bahasa.

Pembagian daerah bahasa dan logat antara lain seperti Palembang, Ogan, Komering, Musi, Lematang dan masih banyak bahasa lainnya.

Diketahui Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi.

Baca Juga: Bupati H. Khairunas Turun ke Pasar, Cek Langsung Harga Pangan

Wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. 

Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.

Berlanjut pada sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit.

Baca Juga: Jalan Tol di Sumatera Selatan Tumpah Ruah Dipenuhi Kendaraan Jelang Mudik Lebaran: Tiap Ruasnya Dilintasi Lebih dari 20 Ribu, Ada yang Hampir 30 Ribu!

Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China.

Pasalnya, masyarakat Ogan Komering Ilir di Sumatera Selatan geger atas penemuan harta karun bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat