bdadinfo.com

Makna Taqabbalallahu Minna Waminkum dan Begini Cara Menjawabnya dengan Benar - News

Ilustrasi Ucapan Idul Fitri 2024 (Freepik)

- Setiap moment lebaran sering kita temui ucapan yang melambangkan selamat hari raya idul fitri setelah berpuasa satu bulan.

Ada beberapa ucapan yang sering digunakan saat hari lebaran. Seperti "Minal 'aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin" ungkapan ini seringkali dipakai untuk mengucapkan hari raya idul fitri.

Selain dari "Minal 'aidzin wal faidzin" ada ucapan lain yang bisa digunakan.

Baca Juga: Kabupaten Siak! Baru Diresmikan Masjid Termegah Bakal Miliki Fasilitas Terbaik, Kapan Beroperasi Penuh?

Yakni "Taqabbalallahu Minna Waminkum" yang bisa anda gunakan saat mengucapkan selamat idul fitri kepada sesama muslim di seluruh penjuru dunia.

Namun, tahukah kamu apa makna dari lafadz "Taqabbalallahu Minna Waminkum"? Banyak yang mengetahui lafadz ini namun belum memahami maknanya.

Dijelaskan bahwa ucapan "Taqabbalallahu Minna Waminkum" sudah sesuai dengan sunnah nabi, hal ini dapat dilihat dalam kitab Fathul Bari karya Al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani

Ia mengatakan dalam kitabnya "Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, beliau berkata: Jika para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagiannya, "Taqabbalallahu minnaa waminkum".

Baca Juga: Viral! Pria Bermobil Kepergok Mencuri Bra di Perumahan, Bikin si Wanita Histeris: Jauh-Jauh dari Saya!

Adapun makna dari ucapan tersebut sebenarnya termuat dalam ucapan selamat idul fitri versi yang lebih panjang, yaitu "taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair"

Artinya "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan,"

Baca Juga: Chaeyoung TWICE dan Zion.T Dikabarkan Sudah Pacaran 6 Bulan, Begini Kata Agensi

Jadi dapat diambil makna dari ucapan "Taqabbalallahu Minna Waminkum" yaitu "Semoga Allah menerima amal ibadah ramadhan kita semua".

Bagaimana cara menjawab ucapan selamat hari raya idul fitri tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat