bdadinfo.com

Kenali Arti dari Kalimat Taqabalallahu Minna Wa Minkun, Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Dalam Bahasa Arab. - News

Ilustrasi maaf-maafan saat lebaran Idul Fitri. Foto: Suara


- Tidak terasa bahwa Lebaran tahun 2024 akan segera tiba dalam beberapa hari lagi, sehingga ini merupakan persiapan untuk merayakan momen yang paling penting.

Bagaimana tidak, perayaan Hari raya Idul Fitri tidak hanya sekedar dirayakan oleh umat Islam di seluruh Dunia, tetapi menjadi momen penting untuk mempererat hubungan Silaturahim.

Selain menyediakan makanan seperti rendang, opor dan ketupat, lalu saling bermaaf-maafan satu sama lain, tetapi ada hal yang wajib dipelajari saat merayakan Idul Fitri.

Baca Juga: Sumatera Barat Dipenuhi Rute Harta Karun Tersembunyi! Segera Ungkap Kekayaan serta Sejarah Jalur Rempah yang Menggoda Bangsa Barat

Kalau di Indonesia, pada umumnya akan mengucapkan "Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin", tentu ada satu kalimat yang tidak semua bisa dipahami.

Yaitu, "Taqabbalallahu Minna wa Minkum", atau dalam Bahasa Arab yang berarti "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kamu. Wahai Allah yang Maha Mulia".

Kalimat seperti ini, memang tidak jauh berbeda dibanding mengucapkan "Minal Aidin Wal Faidzin", tetapi ungkapan ini seperti meminta maaf kepada seseorang saat lebaran.

Baca Juga: Ingin Mudik? Jangan Lupa Beli 4 Oleh-oleh Khas Jakarta Berikut Ini!

Namun, mungkin masih ada sebagian masyarakat di Indonesia khususnya yang belum mengetahui arti kalimat dari "Taqabbalallahu minna wa minkum" sebenarnya.

Sebagai umat Islam, kita perlu memahami arti dari istilah tersebut, agar tidak mudah bingung ketika ada seseorang yang pengucapannya saat momen Idul Fitri.

Memahami arti dari "taqabbalallahu minna wa minkum", menjadi salah satu cara agar bisa menjalani amalan sunnah saat momen Hari Raya terbesar untuk Islam di seluruh Dunia.

Baca Juga: Analisis Gelombang THR Dividen Saham Emiten di IDX

Selain itu, kalimat tersebut juga termasuk dalam salah satu ucapan Idul Fitri, yang disunnahkan dan dibenarkan dalam Islam, sehingga ini perlu dipelajari lebih dalam.

Dilansir dari ‘Kitab Fathul Bari‘ oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, sering dilakukan oleh para sahabat Rasulullah SAW pada zamannya.

Dalam sebuah riwayat, mengisahkan bahwa para sahabat Nabi Muhammad SAW, saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya, saat berjumpa pada momen Idul Fitri.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Muara Bungo, Presiden Jokowi Ungkap Potensi Unggulan yang Ada di Jambi

“Dari Jubair bin Nufair, beliau berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Saling mengucapkan, taqobbalallahu minna wa minkum.” Adapun ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘amin wa antum bikhair memiliki arti yaitu “semoga Allah menerima puasa, dan setiap tahun semoga senantiasa dalam kebaikan.”

Sementara itu, berikut ini merupakan kumpulan dari ucapan selamat hari raya Idul Fitri, dengan menggunakan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum :

1. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah saat bulan puasa

Baca Juga: Hampir 5 Bulan Gratis, Kini Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura di Sumatera Utara Resmi Berbayar: Segini Tarifnya!

2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah, taqabbalallaahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir dan batin.

3. Taqabalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum, Wa ja'alanallahu wa iyyakum, Minal Aidzin Wal Faidzin dan Selamat hari raya Idul Fitri.

4. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga: Demi Keselamatan Para Pemudik, Menhub Imbau pada Masyarakat untuk Patuhi Peraturan Rekayasa Lalu Lintas di Jawa Tengah

5. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal aidin wal faizin, Selamat Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah.

6. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ammin wa antum bikhair. Semoga Allah menerima puasa saya setiap tahun, semoga senantiasa dalam kebaikan.

7. Taqabbalallhu minna waminkum, semoga Allah menerima amal ibadah selama satu bulan puasa. Kini hari kemenangan telah tiba setelah satu bulan berpuasa, mari saling memaafkan dan Selamat hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya Operasikan Tol Indrapura Kisaran Seksi II Mulai Hari Ini

8. Taqabbalallhu minna wa minkum, semoga Allah menerima amal ibadah selama satu bulan puasa. Mari jalani Idul Fitri dengan hati yang suci, saling memaafkan, dan menebar kebaikan. Selamat Idul Fitri.

9. Taqabbalallahu Minna Waminkum Shiyamana Washiyamakum. Mohon maaf segala kesalahan yang telah berlalu. Selamat Idul Fitri.

10. Taqabbalallahu Minna Waminkum Shiyamana Washiyamakum. Sebaik orang bersalah adalah mereka yang ingin meminta maaf, dan sebaik orang yang dimintai maaf adalah yang berlapang dada untuk memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Sebanyak 440 Spesies di IKN Terancam Punah: Begini Kata Otorita Ibu Kota Nusantara

Itulah penjelasan mengenai taqabbalallahu minna waminkum, makna dari artinya seperti apa, serta kumpulan ucapan selamat hari raya Idul Fitri untuk tahun 2024 menggunakan kalimat penuh doa tersebut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat