bdadinfo.com

Ngotot Pakai Skema KPBU, Pemprov Kalimantan Selatan Gencar Bangun 9 Proyek Strategis, Ini Daftarnya - News

Pemprov Kalsel upayakan percepatan 9 proyek strategis lewat KPBU (diskominfomc.kalselprov.go.id)

- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tak hentinya berbenah dan membangun daerahnya.

Kali ini ada 9 proyek strategis yang direncanakan oleh Kalimantan Selatan untuk mendorong ekonomi, meningkatkan akses masyarakat, hingga meningkatkan daya saing daerah.

Untuk pembiayaan, Pemprov Kalimantan Selatan memilih menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Baca Juga: Seminar Nasional, Halal Bi Halal dan Halaqah Tuanku Kota Pariaman Sukses Digelar

Dalam rencana tersebut, seluruh pemangku kepentingan perlu mematangkan upaya fasilitasi pengelolaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha ini.

Proyek strategis pembangunan infrastruktur di Kalimantan Selatan ini juga perlu berkoordinasi dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia sendiri merupakan BUMN yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan untuk mengawal pelaksanaan KPBU.

Baca Juga: Soal Uji Kompetensi Bab 8 dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 269-272 Kurikulum Merdeka: Mengolah Data

"PT PII berperan sebagai pelaksana satu pintu untuk mengelola penyediaan semua penjaminan yang diberikan kepada proyek-proyek KPBU," Ujar Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar.

Sebagai bentuk upaya tindak lanjut fasilitasi pengelolaan kerja sama pemerintah dan badan usaha atau KPBU ini pihak Pemprov Kalimantan Selatan juga akan membentuk tim simpul KPBU.

Pembentukan tim simpul KPBU ini merupakan mandat Bappenas yang mengharuskan pemerintah daerah maupun kementerian harus memiliki simpul dalam melaksanakan KPBU.

Baca Juga: Man City vs Chelsea: Gol Semata Wayang Bernardo Silva Bawa The Cityzen Melaju ke Babak FInal Piala FA 2023/2024

Adapun 9 proyek strategis Kalimantan Selatan yang diungkap oleh Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar adalah sebagai berikut:

1.Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih Kota Baru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat