bdadinfo.com

Berbahagialah Kalsel! Konstruksi Jalan Akses Pertama dan Terpanjang Menuju Bandara Internasional Jadi Bandara Domestik, Ditargetkan Rampung Juni? - News

Jalan Akses Bandara Domestik, Kalsel (Freepik)

- Mega proyek pembangunan strategis nasional di Kalimantan Selatan menuju jalan akses ke arah Bandara Domestik Syamsudin Noor. 

Menhub, Budi Karya Sumadi berbagi pengalaman upaya pemerintah bersama para pemangku kepentingan untuk memulihkan industri penerbangan nasional pasca Covid-19.

ICAO GISS adalah pertemuan komunitas penerbangan sipil global yang diinisiasi oleh ICAO bekerjasama dengan negara anggota. 

Baca Juga: Sektor Pariwisata Bakal Melejit, Wisatawan di Kawasan Candi Muaro Jambi dan Taman Nasional Duabelas Siap Membludak Berkat Jalan Tol Ini 

Kegiatan yang menjadi ajang untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara ICAO dan negara-negara anggota dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan.  

“KM 31/2004 ini dikeluarkan dengan tujuan untuk melindungi penerbangan internasional pasca pandemi dengan menjadikan bandara sebagai hub (pengumpan) internasional di negara sendiri,” tutur Adita.

“Selama ini sebagian besar bandara internasional hanya melayani penerbangan internasional ke beberapa negara tertentu saja dan bukan merupakan penerbangan jarak jauh, sehingga hub internasional justru dinikmati oleh negara lain," ujar Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan di Jakarta pada Jumat 26 April 2024. 

Baca Juga: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Kunci Jawaban Sejarah Kelas 12 Halaman 62-68 Asesmen Bab 1 Kurikulum Merdeka

Beberapa bandara internasional hanya melayani penerbangan jarak dekat dari atau ke satu atau dua negara saja sehingga diubah menjadi Bandara Domestik.

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel akan melakukan perbaikan jalan akses menuju Bandara Syamsudin Noor. 

Baca Juga: Hadapi PSG Nanti Malam di Semifinal Liga Champions, Hampir Semua Pemain Borussia Dortmund Dinyatakan Fit Kecuali Dua Pemain Ini

Hal tersebut dilakukan, mengingat jalan mengalami kerusakan dan memperlihatkan beberapa gejala yang memerlukan perbaikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kabid Bina Marga, Azan mengungkapkan, prioritas perbaikan adalah terjadinya kelongsoran akibat rusaknya siring pasangan batu. 

“Kita akan memperbaiki siring pasangan batu dan menangani bahu jalan secara bertahap dengan penggunaan bahu beton,” ujar Azan pada Selasa 13 Februari 2024.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat