bdadinfo.com

Bandara di Riau ini Sukses Jadi Salah Satu dari 17 Bandara Internasional Tersisa di Indonesia di Tahun 2024: Ada Campur Tangan Jokowi? - News

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Provinsi Riau tetap menjaid bandara internasional di kawasan Pulau Sumatera di tahun 2024 ini. (Dok: Media Center Riau)

- Belakangan ini jagat dunia maya dihebohkan dengan kabar sejumlah bandara internasional di Indonesia  turun kelas menjadi bandara domestik.

Diketahui, sebelumnya terdapat 32 bandara internasional di Indonesia yang tersebar di sejumlah wilayah.

Akan tetapi, karena adanya pemangkasan jumlah bandara internasional, kini hanya tertinggal 17 bandara saja yang masih menyandang sebagai bandara internasional.

Baca Juga: Heboh! Belasan Bandara di Seluruh Indonesia Turun Kelas, Status Internasionalnya Dihilangkan: Bandara di Riau Justru Tetap Eksis Kalahkan yang Lain

Salah satu diantara 17 bandara internasional yang tersisa adalah Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK) Pekanbaru, Provinsi Riau.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II ini berhasil ditetapkan menjadi salah satu bandara internasional di kawasan Pulau Sumatera.

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan, Nomor 31 Tahun 2024 tanggal 2 April 2024.

Baca Juga: Kabar Terbaru Jalan Tol Padang-Sicincin! Usai Lebaran, Tol Pertama Sumatera Barat ini Makin Dekat Beroperasi: Juli 2024 Sudah Gunting Pita

Dalam SK tersebut disebutkan, bahwa Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tetap beroperasi sebagai bandara internasional. 

Adapun, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II telah terbukti menjadi pilihan utama bagi wisatawan, dan pengusaha baik dari dalam negeri maupun mancanegara. 

Sehingga, kehadiran Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata utamanya di Provinsi Riau.

Baca Juga: 3 Proyek Jalan Tol Mulai Dibangun Mei 2024 ini, Sumatera Selatan-Jambi Bakal Selangkah Lebih Dekat: Setahun Pembangunan Langsung Beroperasi!

Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Radityo Purwoko, mengatakan, bahwa bandara ini mengalami kenaikan lalu lintas internasional yang signifikan.

Pada tahun 2023 misalnya, pihaknya mencatat peningkatan lalu lintas penerbangan internasional sebesar 100 persen dibandingkan dengan tahun 2019. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat