bdadinfo.com

Pemprov Riau Blak-Blakan Ungkap Proyek Jalan Tol Jambi-Rengat Masih 1 Persen di Tahun 2024: Ternyata ini Biang Keladinya - News

Ilustrasi proyek Jalan Tol Jambi-Rengat yang  akan menghubungkan Riau dan Jambi. Jalan tol di wilayah pembangunan Riau baru menyentuh 1 persen pembebasan lahan. Tol ini bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Dok: RRI)

- Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov Riau) menjelaskan progres terkini dari salah satu proyek pembangunan jalan tol di Bumi Lancang Kuning.

Proyek pembangunan infrastruktur jalan tol tersebut adalah jalan penghubung yang nantinya akan menghubungkan dua daerah.

Adapun jalan tol yang dimaksud adalah proyek pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat yang akan menghubungkan Provinsi Jambi dan Riau.

Baca Juga: Istimewa! JTTS Saat ini Sudah Sampai Jambi, Sekarang ke Jakarta Berangkat Pagi sampai Tujuan Jam 10 Malam: Tahun 2024 ini Beroperasi

Pemerintah Provinsi Riau sendiri mengakui jika pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat ini belum dimulai tahap konstruksinya. 

Lebih lanjut, alasan belum dimulainya proses konstruksi pada ruas tersebut dikarenakan masalah pengadaan atau pembebasan lahan.

Perkara pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol pada ruas Jalan Tol Jambi Rengat ini disebutkan sampai sekarang baru mencapai 1,47 persen. 

Baca Juga: Jalan Tol Sepanjang 18,9 Km ini Siap Jadi Proyek Teranyar Sumatera Utara, Konstruksinya Sudah Capai Tahap Final: Beroperasi Akhir Tahun 2024

Adapun permasalahan pembangunan dari ruas Jalan Tol Jambi Rengat ini cukup rumit karena 90 persen lahannya adalah kawasan hutan.

Terlebih proses konstruksi dari proyek Jalan Tol Jambi Rengat ini nantinya akan dilangsungkan di dua tempat, Riau dan Jambi.

Jalan Tol Jambi Rengat ini juga direncanakan akan mencapai 198 kilometer dan menjadi salah satu jalan utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga: Dapat Instruksi Khusus dari Pusat, HK Rampungkan Proyek Tol JTTS Tersisa di Aceh dan Sumatera Utara di Akhir Tahun 2024!

Kemudian, lebih dari setengah panjang total Jalan Tol Jambi Rengat ini juga akan berlangsung di Provinsi Jambi.

Provinsi Riau sendiri nantinya akan menggarap kurang lebih 81 kilometer dari perbatasan Jambi sampai ke Rengat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat