bdadinfo.com

Kalimantan Timur Berikan Kado Istimewa Bagi Bangsa Indonesia, Jalan Tol Ibu Kota Nusantara Sepanjang 27 Kilometer Setitik Lagi Beroperasi - News

Jalan Tol Balikpapan -Samarinda melewati Kawasan Tahura Bukit Soeharto yang merupakan taman hutan raya terletak di Kabupaten Kutai Kartenegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur juga melewati Hutan Lindung Sungai Manggar.

- Pembangunan proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda menjadi bagian dari jaringan jalan bebas hambatan menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jalan Tol ini merupakan Jalan Tol pertama sepanjang 97,3 Km yang di bangun di Pulau Kalimantan.

Jalan Tol Balikpapan Samarinda diibaratkan sebagai wajah infrastruktur jalan IKN Nusantara yang yang mengusung konsep Smart Forest City.

Selain itu Jalan Tol Balikpapan Samarinda juga akan terhubung langsung dengan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan tentunya mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Baca Juga: Pemkab Solsel Raih Opini WTP Untuk Ke-8 Kali

Jalan Tol yang berada di wilayah Kalimantan Timur ini memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Samarinda atau sebaliknya kini hanya membutuhkan waktu tempuh 1,5 jam lebih cepat apabila melalui akses non tol.

Jalan Tol Balikpapan Samarinda melewati Kawasan Tahura Bukit Soeharto yang merupakan taman hutan raya terletak di Kabupaten Kutai Kartenegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur juga melewati Hutan Lindung Sungai Manggar.

Jalan Tol ini memiliki 5 Seksi diantaranya, Seksi 1 & 5 ruas Balikpapan - Samboja sepanjang 32,40 Km dan merupakan dukungan Pemerintah.

Baca Juga: Analisis Teks Catatan Perjalanan di Taman Nasional, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 6 Halaman 68 Kurikulum Merdeka

 Seksi 2,3, dan 4 ruas Samboja - Samarinda sepanjang 64,87 Km porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Balikpapan - Samarinda.

Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) sepanjang 27 kilometer siap beroperasi fungsional saat peringatan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan hal itu.

Baca Juga: Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Sudah Didepan Mata Rampung, Konstruksinya Ternyata Telah 85 Persen: Agustus 2024 Fungsional?

Saat ini, tiga segmen Jalan Tol IKN tengah digeber pekerjaannya, yakni Jalan Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, kondisinya sebagian sudah mulus beraspal.

Kemudian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,3 kilometer, juga tampak rigid pavement dan lancar dilintasi. Pada ruas ini masih ada beberapa titik yang masih berupa tanah terbuka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat