bdadinfo.com

Belasan Tahun Ditunggu! Kepulauan Riau Segera Bangun Konstruksi Pembangunan Pelabuhan Megah Bakal Jadi Terpanjang Se-Asia Tenggara - News

Pelabuhan Batu Ampar, Riau (Freepik)

- Kepulauan Riau segera dibangun konstruksinya selama belasan tahun namun kembali dikerjakan Pelabuhan Batu Ampar

Pelabuhan Batu Ampar yang berada di Pulau Batam, Indonesia telah menjadi pusat perhatian dalam dunia perdagangan internasional. 

Secara letak geografis, Pelabuhan Batu Ampar yang sangat menguntungkan bagi dunia pelayaran barang dan jasa. 

Baca Juga: Sumbar Sang Pulau Emas! Punya Harta Karun Emas Murni yang Sangat Melimpah Bisa Menghasilkan 50 Kg Jika Diuangkan Sekitar Rp25 Miliar Setiap Hari

Terletak di sebelah selatan Singapura, Batam jadi salah satu pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, dan Pelabuhan Batu Ampar. 

Salah satu dari pelabuhan utama yang memainkan peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selat Malaka adalah jalur pelayaran utama yang hubungkan Samudra Hindia dan Pasifik membuatnya menjadi jalur perdagangan paling sibuk di dunia.

Baca Juga: Hore! Jalan Tol di Sumatera Utara Semakin Bertambah Panjang, Ada Ruas yang dalam Waktu Dekat Siap Beroperasi: Panjangnya 32 KM 

Sebab letaknya yang strategis, Pelabuhan Batu Ampar kemudian mewujud menjadi gerbang masuk utama ke Indonesia dan Asia Tenggara.

Pengembangan Pelabuhan dimulai dari hadirnya Gerbang Masuk Terminal Batu Ampar yang terintegrasi dengan Auto Gate System. 

Dengan Auto Gate System yang merupakan bagian dari Batam Logistic Ecosystem (BLE).

Baca Juga: Penokohan Cerita 'Aku Anak Indonesia', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Halaman 11 Kurikulum Merdeka 

Auto Gate System itu sendiri merupakan fasilitas pelabuhan yang menggunakan sistem otomasi. 

Sehingga pengguna jasa yang akan masuk dan keluar dari area pelabuhan terekam secara otomatis di sistem tanpa perlu mengantre.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat