bdadinfo.com

Libur Panjang Akhir Pekan di Depan Mata! Selain Lewat Tol Trans Jawa, Coba Alternatif Jalan Pansela: Ada Banyak Potensi Pariwisata yang Bisa Dijajal - News

Libur Panjang Akhir Pekan di Depan Mata! Selain Lewat Tol Trans Jawa, Coba Alternatif Jalan Pansela: Ada Banyak Potensi Pariwisata yang Bisa Dijajal (binamarga.pu.go.id)

– Persiapan libur panjang yang jatuh pada 24 Mei 2024 mendatang untuk memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 M, tidak ada salahnya memanfaatkan cuti bersama untuk melancong.

Terutama yang berencana berpergian dan melewati Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Pasalnya, saat ini Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan Jalan Pansela Jawa yang rencananya bakal tersambung dari Banten hingga ke Jawa Timur.

Baca Juga: 3 Ruas JTTS Tahap I Ditargetkan Rampung Akhir Tahun 2024, Jalan Tol di Sumatera Barat Bersaing Penyelesaiannya dengan Sumut dan Aceh?

Dengan hadirnya jalan ini, diharapkan mampu meningkatkan konektivitas jalan Pulau Jawa khususnya yang berada di bagian selatan.

Selain untuk mengurangi beban lalu lintas yang ada pada Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa, kondisi jalan Pansela yang ditingkatkan adalah demi mendukung potensi pariwisata wilayah pesisir pantai selatan.

Dengan begitu maka perekonomian di daerah tersebut juga akan ikut terdorong dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Demi Mempermudah Akses Wisata, 7 Ruas Jalan di Yogyakarta dengan Biaya Rp162 Miliar Dibenahi: Perjalanan Makin Mulus dan Nyaman 

Dengan terus dipromosikannya jalur Pansela Jawa maka orang juga akan semakin banyak yang memilih untuk lewat selatan.

Tak hanya jalannya yang bagus, namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata yang bisa disambangi untuk sekalian healing.

Sebagai informasi, setidaknya ada 5 (lima) provinsi di Jawa yang dilewati oleh jalan Pansela.

Baca Juga: Wow! Mega Proyek Jembatan Termegah di Yogyakarta Ternyata Bukan Sembarang Infrastruktur, Didesain Khusus untuk Mitigasi Bencana

Antara lain ada Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 170,09 km.

Pada TA 2024, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp45 miliar untuk pekerjaan preservasi jalan dan jembatan jalur Pansela Banten sepanjang 170,13 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat