bdadinfo.com

Susu Evaporasi Jadi Topik Hangat Usai Viralnya Video Keracunan Satu Keluarga: Pahami Proses Pembuatan serta Kandungannya - News

Satu keluarga keracunan makanan yang dicampur susu evaporasi

Baru-baru ini dunia maya dikejutkan dengan adanya sebuah video yang memperlihatkan satu keluarga mengalami keracunan makanan setelah mengonsumsi ikan tuna santan yang dicampur dengan susu evaporasi.

Video milik akun @kingmodonking itu viral, usai dirinya membagikan pengalaman atas insiden yang terjadi pada keluarganya karena keracunan makanan yang ia kreasikan.

“Orang gila mana, orang gila mana… gua yang gila bikin satu keluarga masuk IGD keracunan masakan gua,” tulis @kingmodonking dalam videonya, sebagaimana dikutip dari video yang diunggah di TikTok pada 28 Mei 2024.

Baca Juga: Parah! Gara-gara LGBT, Pemain AS Monaco Mohamed Camara Kena Hukuman Dilarang Bertanding

Hal ini sontak menjadi perbincangan warganet, khususnya pada kolom komentar video tersebut, yang mempersoalkan adanya campuran susu evaporasi dengan hidangan utamanya.

Lantas, apa itu susu evaporasi?

Sebenarnya, susu evaporasi sendiri merupakan salah satu jenis produk susu yang kini sudah banyak beredar di masyarakat.

Baca Juga: Saham SM Entertainment Turun, Imbas Aksi Boikot yang Dilakukan Fans atas Kolaborasi NCT dan Starbucks!

Susu evaporasi adalah produk susu yang telah melalui proses khusus dengan menghilangkan sebagian besar kandungan air yang ada di dalamnya sekitar 60%.

Kandungan air pada susu evaporasi yang menguap sekitar 60% itu, disebabkan oleh pemrosesan yang dilakukan dengan cara pemanasan.

Alhasil, dengan menguapnya kandungan air tersebut membuat susu evaporasi terlihat lebih kental dan berwarna lebih kekuningan dibandingkan dengan susu pada umumnya.

Baca Juga: Potongan Gaji 2,5 Persen untuk Tapera Bebankan Para Pekerja, Picu Respon Negatif dari Pekerja di Berbagai Sektor!

Sederhananya, proses terciptanya susu evaporasi bermula dari susu segar yang dipanaskan di wadah tertutup dengan tekanan rendah.

Dari proses pemanasan itu, suhu yang tinggi akan mengakibatkan kandungan air pada susu menguap dan menghasilkan tekstur susu yang lebih tebal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat