bdadinfo.com

Jokowi Baik Hati! Sempat Mangkrak Selama 22 Tahun, Pembangunan Proyek Jalan Tol di Jakarta Timur Kembali Disuntik Dana Jumbo Rp7,2 Triliun - News

 Ilustrasi tol (Ilustrasi tol)

- Pembangunan proyek Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau biasa disingkat menjadi Jalan Tol Becakayu adalah sebuah jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di tepi Kali Malang di Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kali Malang.

Jalan Tol Becakayu ini dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, tetapi terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda.

Jalan tol Becakayu menelan biaya investasi Rp7,2 triliun, biaya konstruksi Rp4,785 triliun, biaya pembebasan tanah Rp449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak SPMK).

Baca Juga: Menuju 17 Agustus! Jokowi Optimis Persiapan Upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara Sudah Hampir Final: Tamu Undangan Siap Berdecak Kagum? 

Investor dan pengelola Tol Becakayu adalah PT Waskita Toll Road, anak usaha dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang memegang 98,97 persen saham PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Pada 3 November 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Seksi IB dan IC Tol Becakayu ruas Cipinang Melayu-Jakasampurna bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Setelah peresmiannya, tol ini tidak dikenakan tarif selama 2 pekan, setelah masa gratis tersebut berakhir ruas tol tersebut dikenakan tarif Rp14.000 untuk Golongan I.

Baca Juga: IKN Melangkah Maju! Progres 72 Persen, Istana Kepresidenan IKN Optimis Tuntas Juli 2024: Jokowi Siap Pindah Kantor Asalkan Hal Ini Terpenuhi…

Pada tanggal 13 Maret 2021, Seksi 1A yang terkoneksi dengan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono sekaligus beroperasinya Gerbang Tol Pisangan.

Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan, pembangunan Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau Tol Becakayu, akan dilanjutkan hingga ke wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi.

Jalan tol Becakayu, atau yang dikenal sebagai Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu, adalah infrastruktur penting yang terletak di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Dibangun dengan tujuan utama untuk mengatasi kemacetan di sekitar area Kali Malang, proyek ini menjadi prioritas pemerintah sejak mulai dibangun pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Sayangnya, proyek ini terhenti pada tahun 1998 akibat krisis moneter yang melanda.

Akibatnya, jalan tol ini yang sudah mangkrak selama 22 tahun ini menyisakan sejumlah masalah infrastruktur yang mendesak untuk diselesaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat