bdadinfo.com

Segera Tuntas! Jalan Tol Kedua yang Hadir di Kalimantan Timur Bakal Rampung Tahun 2024: Konstruksinya Sudah Hampir 90 Persen - News

Jalan tol kedua di Kalimantan Timur ditargetkan rampung dan dapat dioperasikan secara fungsional sebelum Agustus 2024 ini. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

- Provinsi Kalimantan Timur bersiap menyambut ruas jalan tol kedua yang akan hadir di daerah ini.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tentunya berperan besar dalam hadirnya sejumlah pembangunan infrastruktur di kalimantan Timur.

Pengerjaannya pembangunan berbagai fasilitas pendukung pun gencar dilakukan, salah satunya adalah pembangunan jalan tol menuju IKN.

Baca Juga: Pemda Sulteng Ngotot Realisasikan Mega Proyek, Donggala dan Parigi Moutong Siap Jadi Tuan Rumah Proyek Fantastis: 2 Gunung Siap Diratakan Tanah!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru-baru ini bertandang ke IKN memberikan penjelasan, bahwa pada awal Agustus tahun 2024 mendatang, Jalan Tol IKN Nusantara sudah rampung.

Jalan Tol IKN Nusantara tersebut dalam waktu dekat sudah bisa digunakan sehingga perjalanan darat dari kota Balikpapan menuju kawasan IKN.

Hadirnya Jalan Tol IKN Nusantara ini tentunya akan membuat perjalanan menuju ke IKN yang ada di Penajam Paser Utara hanya memerlukan waktu maksimal selama 40 menit saja. 

Baca Juga: Jadi Anak Emas Pemerintah, Perusahaan Besar ini Sudah Siap Mengincar Mau Pegang Kendali di Tol Fantastis Jambi yang Rampung di Tahun 2024 ini

Bahkan dari Balikpapan ke IKN diprediksi dapat dijangkau hanya dalam 30 menit saja jika memacu kendaraan lebih cepat.

Diketahui, jalan tol yang akan menjadi akses menuju kawasan inti pusat pemerintahan di IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan Samarinda, tepatnya di KM 8 Kariangau.

Sehingga, nantinya pengguna tidak perlu lagi melewati Jalan Tol Balikpapan Samarinda hingga km 33 kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga: Nggak Ada yang Sudi Main di Sini! 5 Stadion Sepak Bola Megah ini Akhirnya Cuma Ditelantarkan Jadi Bangunan Rusak: Salah Satunya Ada di Sumatera Barat

Berdasarkan data terbaru, pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara yang sedang berjalan saat ini terdiri dari tiga seksi, yakni:

Jalan Tol 3A Karang joang - Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres pembangunan fisik mencapai 77,59 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat