bdadinfo.com

Tak Tertandingi! Mundurnya Jokowi, Pemprov Kalimantan Tengah Dikebut Pembangunan Konstruksi Jalur KA Terpanjang dan Koneksikan Produk Estate IKN - News

Penyambung Food Estate IKN  (Freepik)

- Pemprov Kalimantan Tengah yang sedang dikebut mega proyek strategis nasional terkait Kereta Api jalur Puruk Cahu ke Batanjung melalui Bagendang. 

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edi Pratowo bersama jajaran dan Direktur Utama PT INKA Persero, Budi Noviantoro jalin kerjasama dengan PT INKA Persero. 

Pengembangan kereta gantung, PT INKA Persero kembali menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemprov Kalteng.

Baca Juga: Fadly Amran Subuh Mubarakah di Masjid Al Mujahidin Olo Nanggalo Lapai, Minta Doa dan Restu Jemaah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terkait rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Kalimantan Tengah.

“Terima kasih PT INKA sudah mendapatkan respon yang baik dari Pemprov Kalteng dengan adanya pelaksanaan penandatangan. MoU untuk pembangunan jalur kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Batanjung,” tutur Direktur Utama PT INKA Persero, Budi.

Baca Juga: GSG IKM SS Kupang Diresmikan, Gubernur Sumbar Apresiasi Kontribusi Perantau bagi Ranah dan Rantau

Keterangan resmi dari Tim PT INKA Persero akan membutuhkan bantuan dari semua elemen Pemprov Kalteng.

Semua elemen Pemprov Kalimantan Tengah untuk membuat kajian awal untuk persyaratan pembuatan jalur kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Batanjung. 

Budi menyampaikan, usai ditandatanganinya kesepakatan ini pihaknya akan membuat semacam survey trase dan Pre-feasibility Study (Pre-FS). 

Baca Juga: Pertama di Sumatera, Kelurahan Kampung Pondok Bakal Jadi Perkampungan Moderasi Beragama di Kota Padang

Pre-FS untuk melihat lebih detail kondisi tanah dan kondisi topografi untuk persyaratan pembangunan kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Batanjung.

Kereta api ini nantinya difungsikan untuk angkutan barang khususnya batubara dan mengangkut produk-produk dari food estate.

“Kami tahu di sana ada pengembangan food estate sehingga memerlukan transportasi khususnya kereta api dengan skala lebih,”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat