bdadinfo.com

Dinantikan Warga! Seluas 15.519 hektare Konstruksi Pembangunan Bendungan Segera Dilanjutkan Bakal Terhubung 3 Kabupaten Sampai Yogyakarta - News

Progres Bendungan, DIY (Freepik)

 

- Rencana konstruksi kelanjutan pembangunan Bendungan terbesar yang akan terhubung dengan 3 Kabupaten sekaligus di Jawa Tengah sedang dikerjakan. 

Kementerian PUPR mengatakan, pembangunan Bendungan Bener di Purworejo ditargetkan rampung pada akhir Desember 2024.

“Saat ini progres konstruksi Bendungan Bener sudah sebesar 26 persen dan tengah dilakukan upaya percepatan teknis konstruksi,” ujar Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko.

Baca Juga: Kembali ke Jalur Kemenangan, Verstappen Kuasai Balapan F1 GP Kanada 2024 yang Sangat Menegangkan

Jarot menyatakan, bendungan yang sudah dibangun sejak Oktober 2018 ini telah tidak ada kendala berarti dari segi teknis dan lahan. 

Sementara untuk pengadaan lahan sudah mencapai 95 persen dan dalam proses penyelesaian.

Bendungan Bener yang merupakan bendungan multifungsi yang memiliki banyak manfaat. 

Baca Juga: Asyik! Provinsi Lampung-Aceh Bersatu di Backbone JTTS, Jalan Tol Kayu Agung–Palembang–Betung Sepanjang 112 km Sekejap Lagi Rampung

Pasalnya Bendungan Bener memiliki tampungan sekitar 92 juta meter kubik yang bisa mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektare.

“Selain itu juga dapat menyuplai air baku untuk keperluan rumah tangga, kota dan industri sebesar 1.500 liter per detik ke tiga,” 

“Kabupaten, yakni Purworejo, Kebumen dan Kulon Progo, termasuk Bandara Yogyakarta International Airport," tegas Jarot.

Baca Juga: Persiapan Maju Menjadi Wali Kota Padang, Fadly Amran Kumpulkan 'Kawan Fadly' untuk Kemenangan

Bendungan tersebut juga mempunyai potensi menyuplai energi listrik sebesar 10 megawatt dan mereduksi debit banjir dari 584 meter kubik per detik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat