bdadinfo.com

Waspadalah! Selamat Tinggal Hujan dan Petir, BMKG Memprediksi Musim Kemarau Tahun 2024 Seluruh Kalimantan Selatan Diratakan Pertengahan Juni - News

Prakiraan Cuaca di Kalsel (Freepik)

- BMKG terus merilis perkiraan cuaca setiap harinya sampai bulan selanjutnya yang seringkali terjadi sesuai dengan perencanaan BMKG. 

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani menambahkan, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kilat atau petir dan angin kencang pada periode 3 - 9 Juni 2024 dapat terjadi di sebagian Sumatra, Jawa bagian barat. 

Baca Juga: Terbongkar! Jalan Tol Pertama Indonesia Dibangun Saat Orde Baru Bisa Menembus 2 Provinsi Sekaligus Ternyata Modal Hutang dari Amerika Rp6,4 Miliar

Sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku dan sebagian besar Papua.

Andri menyatakan, juga agar masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.  

Meskipun sebagain besar wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau. "Dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem dapat meliputi banjir,”

Baca Juga: Spirit Baru Insan Perfilman, West Sumatera Film Festival Resmi Digelar di Bukittinggi

“banjir bandang banjir lahar hujan, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," tandas Andri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi (Staklim) Kelas I Kalimantan Selatan merilis Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024

Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024 untuk wilayah Kalsel, melalui virtual dari kantor BMKG di Banjarbaru pada Kamis 25 April 2024.

Baca Juga: Benarkah? Sumatera Terancam Kekeringan Tahun 2050, Peneliti BRIN Sampaikan Perubahan Iklim Sumatera Bagian Tengah

Koordinatir Bidang Observasi dan Kordinasi Stames Syamsudin Noor, Dedy Supratono menyatakan, saat ini wilayah Kalsel masih memasuki musim penghujan.

Terbit kabar yang baru dirilis kembali dari BMKG, Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin diprediksi musim hujan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat