bdadinfo.com

Turut Berduka Cita Kalteng! Mentan Fokus Secepatnya Bangun Rumputan Digadang Jadi Lahan Pertanian Terluas Demi Atasi Perekonomian Petani di Kota Sini - News

Baru! Lahan Rawa Jadi Lahan Pertanian (Freepik)

- Pemerintah RI tidak hanya fokus terhadap pembangunan IKN melainkan kebutuhan pangan dari hasil pertanian tengah jadi sorotan publik. 

Menteri Pertanian, Andri Amran Sulaiman berikan apresiasi atas kemajuan Optimalisasi Laha di Kalimantan Tengah dinilai sebagai yang terbaik di seluruh Indonesia.

"Pada periode pertama saya menjadi Menteri Pertanian kita masih mengimpor beras dari Jawa, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi,” 

Baca Juga: Tragis! Kebakaran Hebat Landa Kantor Camat Medan Area, Begini Kronologinya

”Selatan. Namun, saat ini kita sudah mencapai swasembada berkat bantuan periode pertama seluas 100 ribu hektar dari pemerintah untuk Kalimantan Tengah," ujar Andri. 

Selanjutnya, Mentan menyampaikan, pada periode ini pemerintah memberikan bantuan tambahan sekitar 81 ribu hektar lahan ialah bantuan terbesar kedua se-Indonesia.

"Kami sangat mengharapkan agar pompa oplah dapat dipasang, dikerjakan secepatnya. Apabila selesai dalam waktu dua hingga tiga,” katanya.

Baca Juga: Videotron Pemko Padang Panjang Diminati Berbagai Kalangan

“Bulan, kami akan kembali memberikan bantuan ke Kalimantan Tengah," ujar Andri.

Mentan juga mengatakan, rencana pembentukan brigade khusus di masa depan untuk dukung keberlanjutan dan efektivitas program pertanian di Kalimantan Tengah.

“Mimpi besar pemerintah saat ini adalah membangun kluster menjadi lumbung pangan Indonesia bahkan dunia yang berada di Kalimantan Tengah,” ucap Andri.

Baca Juga: DPMPTSP Naker Kota Pariaman Kembali Buka Pelatihan Gratis

Pj Wali kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu yang menghadiri Apel Siaga Brigade Alat dan Mesin Pertanian pada Jumat 14 Juni 2024.

”Hari ini melihat kemajuan optimalisasi lahan terbaik seluruh Indonesia. Saat ini kita berikan kurang lebih 81000 Ha, dimana bantuan pemerintah ini merupakan bantuan terbesar kedua seluruh Indonesia,” tutur Andi Amran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat