bdadinfo.com

Kemenangan Sulteng! Kementerian PUPR Terus Digarap Pembangunan Konstruksi Jembatan Terpanjang dan Multifungsi, JICA Garcep, Perdana di Sini... - News

Proyek Jembatan Palu terbaru  (Freepik)

- Mega proyek Kota Palu saat tahun 2018 meninggalkan luka yang mendalam sehingga mampu merobohkan Jembatan terpanjang di Sulawesi Tengah.

Jembatan Palu IV ditargetkan rampung Desember 2024 dikenal Jembatan Kuning di Sulawesi Tengah yang rusak akibat gempa dan tsunami pada 28 September 2018 silam.

Berupaya untuk memulihkan aksesibilitas dan mobilitas Kota Palu yang terdampak gempa bumi dan tsunami. 

Baca Juga: Videotron Pemko Padang Panjang Diminati Berbagai Kalangan

"Dengan dibangunnya kembali jembatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi dan pembangunan, wilayah Kota Palu, serta menjadi ikon Kota Palu sehingga dapat menarik wisatawan baik dari Sulawesi Tengah maupun dari luar," ujar Menteri Basuki. 

Jembatan Palu IV merupakan ikon Kota Palu dan sangat berperan dalam konektivitas yang hubungkan Kec. Palu Timur dan Palu Barat.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Ingatkan Pentingnya Peran Kepala Sekolah Untuk Kemajuan Mutu Pendidikan Agar Tidak Tergilas Zaman

Adapun program rekonstruksi Jembatan Palu IV dapatkan bantuan dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA). 

Dana hibah yang dikeluarkan sekitar Rp200 miliar dengan konstruksinya dilaksanakan oleh kontraktor Jepang Tokyu Construction.

Kegiatan konstruksi semula direncanakan dimulai pembangunannya pada tahun 2020, namun akibat adanya Pandemi. 

Baca Juga: Puskesmas Tanjung Makmur Pesisir Selatan Lakukan General Check Up Prolanis

Serta, rampungnya pembebasan lahan yang butuhkan waktu lebih lama dan pelaksanaan konstruksi Jembatan Palu IV baru kembali dimulai Juli 2022.

"Dengan dibangunnya kembali jembatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi dan pembangunan wilayah Kota Palu, serta menjadi ikon Kota Palu sehingga dapat menarik wisatawan baik dari Sulawesi Tengah maupun dari luar," ujar Basuki. 

Baca Juga: DPMPTSP Naker Kota Pariaman Kembali Buka Pelatihan Gratis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat